Warga Adukan Pembalakan Liar di Hutan Tutuyan dan Kotabunan

Totabuan217 views

Bupati: Saya Minta Keseriusan Polda dan Pemprop

METRO, Boltim- Aksi pembalakan liar diwilayah hutan Tutuyan dan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) belakangan ini yang semakin tidak terkendali, akhirnya diadukan warga ke Bupati Boltim Sehan Landjar.

Disebut, kerusakan hutan akibat pembalakan liar yang makin merajalela di kawasan hutan adat Tutuyan, Togit Kecamatan Tutuyan serta wilayah hutan Buyat dan Bukaka Kecamatan Kotabunan.

Mereka menduga, ada oknum anggota DPRD terlibat didalamnya. 

“Kami sudah laporkan masalah ini ke Bupati Boltim Sehan Landjar,” ujar beberapa warga kepada wartawan, Selasa (28/8/2018).  

Hal ini dibenarkan Bupati Sehan Landjar dalam rilisnya melalui Whatsapp Group Forum Wartawan. 

Dia menyesalkan, selama ini Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat sudah berulang kali meminta keseriusan Pemrop dan Polda Sulut untuk melakukan tindakan penegahan. Tetapi belum ada upaya maksimal sampai saat ini.

“Saya menerima laporan masyarakat, telah beredar ada oknum anggota DPRD Boltim diduga sebagai cukong ilegal logging di Boltim,” ujarnya. 

Harapan Bupati, sekiranya ada keseriusan Polda dan Pemprop Sulut untuk mengambil tindakan tegas terhadap aksi pembalakan liar maupun usaha ilegal loging di Boltim agar kerusakan di hutan tidak terus meluas.

Penulis: Erwin Winerungan