oleh

Nangka Dilalap Jago Merah, Kerugian Miliaran Rupiah

Kebakaran di Toko Nangka

METRO, Sangihe— Warga kota Tahuna dan sekitarnya di kagetkan dengan peristiwa kebakaran sebuah toko milik Haji Bahar di Kelurahan Sawang Bendar Kecamatan Tahuna sekitar pukul 01.00 Wita Senin (03/08) dini hari kemarin. Dari informasi yang berhasil dirangkum harian  ini mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 Wita Senin dini hari kemarin.

Kapolres Sangihe melalui Kaur Humas Res Sangihe Iptu Jakub Sedu membenarkan peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu unit bangunan ruko milik Haji Bahar tersebut. Dia menjelaskan kronologis kejadian berdasarkan keterangan saksi yang juga seorang anggota Polri Melki Papona (29) dimana pada Senin (03/09) sekira pukul 01.00 wita, saksi bergerak dengan kendaraan roda dua (R2) dari Kelurahan Apengsembeka Kecamatan Tahuna menuju Kelurahan Tona Kecamatan Tahuna Timur dan saat melintas di Kelurahan Sawang bendar saksi melihat adanya kobaran api dengan asap tebal berasal dari dalam bangunan ruko yang bernama Toko Nangka.

“Melihat hal tersebut saksi langsung menghubungi pemilk bangunan Ruko Era Abadi yang bersebelahan dengan Toko Nangka sebagai upaya untuk menghindari api merembet dan timbulnya korban jiwa akibat peristiwa kebakaran tersebut selanjutnya menghubungi warga sekitar dan kemudian melakukan upaya pemadaman api,” jelas Sedu.

Sementara itu lanjut Kaur Humas, berdasarkan keterangan saksi Yongki Darius Mogi (54), Senin (3/9) sekira pukul 01.00 wita, saksi dibangunkan Melki Papona yang menginformasikan bahwa telah terjadi kebakaran di bangunan ruko yang berada tepat bersebelahan dengan ruko milik saksi.

“Mendengar hal tersebut Mogi langsung mengamankan diri bersama dengan keluarga selanjutnya  menginformasikan peristiwa tersebut kepada Supervisior Toko Nangka Ronal Bawele dan kemudian melaporkan kejadian ke Polsek Tahuna,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diturunkan ke TKP guna melakukan proses pemadaman api dibantu satu nit mobil damkar milik PDAM Sangihe.

“Dan pada pukul 07.00 wita api berhasil dipadamkan. Hingga saat ini masih belum bisa diketahui apa penyebab kebakaran. Dan dalam peristwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp 1 Miliyar,” tutup Sedu. (01)