oleh

10 Desa Lingkar Tambang dapat Bantuan Pamsimas

-Minut & Bitung-68 views

Sejumlah pemerintah desa lingkar tambang dan PT MSM-TTN.

METRO, Airmadidi – Sebanyak 10 desa di lingkar tambang PT MSM-TTN, Kecamatan Likupang Timur mendapat bantun program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Jossy Kawengian, program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas masyarakat masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban.

Lanjutnya program ini tindak lanjuti multi pihak yang sudah ditandatanggan Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dengan Direktur Pengembangan SPAM, Direktur PT MSM-TTN waktu yang lalu di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kerjasama ini terkait penyediaan air bersih di sepuluh desa lingkar tambang. Cuma Desa Resetlemen sudah tuntas, sedangkan Desa Kinunang masih bermasalah sumber air jadi cuma delapan desa,” ungkap Kawengian.

Diungkap Kadis, dari Dinas PU hanya melakukan sambungan dalam rumah. Sedangkan PT MSM akan intervensi dari sumber air buat penampungan. Setelah itu tarik pipa ke desa yang akan dikerjakan oleh Pamsimas.

“Semua sambungan dikerjakan oleh PT MSM dan Pamsimas, Dinas PU cuma kerjakan sambungan di dalam rumah,” jelas Kadis.

Untuk program ini, selain Pamsimas dan PT MSM-TTN, Pemkab juga menganggarkan tiap desa sebesar Rp 75 juta.
“Dana Pamsimas masuk ke rekening Kelompok Kerja Masyarakat (KKM). Kalau sudah jalan, maka pemeliharaan ini dikelola oleh Badan Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (BPSPAM) yang dibentuk oleh Desa,” tutur Kawengian.(23)