oleh

Kepala BPPI Kunjungi Proyek Prioritas Nasional Kemenperin di Manado

METRO, Manado- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara melakukan kunjungan kerja ke Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Manado, Jumat (27/9/2019).

Selain ke Baristand, Kepala BPPI juga melihat secara langsung pembangunan Gedung Fasilitas Litbang, Laboratorium dan Pelayanan Publik Baristand Industri Manado yang baru. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dan mendapatkan informasi secara langsung, sudah sejauh mana pembangunan tahap kedua Baristand Industri Manado berjalan.

“Proyek pembangunan yang sudah dimulai sejak tahun 2018 ini berlokasi di Kelurahan Paniki 2, Kota Manado dan memiliki luas total 7500 m2 serta merupakan salah satu proyek prioritas nasional dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin, red),” ujar Ngakan kepada awak media.

Dijelaskan Ngakan, pembangunan Gedung Fasilitas Litbang, Laboratorium dan Pelayanan Publik Baristand Industri Manado yang baru, memang sudah direncanakan sejak lama, namun terkendala dari sisi anggaran.

“Kami terlebih dahulu harus meyakinkan pimpinan di Kemenperin, kemudian Anggota Komisi 6 DPR RI saat pembahasan anggaran, bahwa pembangunan ini dibutuhkan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat industri di Sulut,” jelas Ngakan.

Menurutnya, perhatian pemerintah pusat ke Sulawesi Utara sangat jelas dengan hadirnya Balai Riset dan Standardisasi Industri Manado dan pembangunan Gedung Fasilitas Litbang, Laboratorium dan Pelayanan Publik Baristand Industri Manado yang baru. “Pembangunan sekarang bukan lagi Jawa sentris tetapi Indonesia sentris. Artinya dimana saja ada wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan industrinya, disana harus kita berikan perhatian. Termasuk di Sulawesi Utara,” ungkap Ngakan.

Dengan ada pembangunan ini, menurut Ngakan pelayanan terhadap masyarakat industri di Sulut dibuka seluas-luasnya, baik pelayanan melalui penelitian maupun melalui konsultasi. “Industri apapun yang mau bekerjasama baik yang sudah ada ataupun yang baru mau berwirausaha kami buka seluasnya,” katanya.

Ngakan juga berharap, dengan adanya pembangunan gedung kantor yang baru ini dapat memberikan manfaat lebih dan secara langsung kepada masyarakat industri di Sulawesi Utara dan sekitarnya melalui penyediaan fasilitas laboratorium, penelitian dan pelayanan publik yang semakin lengkap dan representatif serta berteknologi tinggi.

Dalam kunjungan ini, Kepala BPPI juga turut menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Baristand Industri Manado dengan PT Paramesti Maju Karya dan UD Mandiri. Kepala BPPI dan rombongan kemudian melakukan kunjungan ke industri binaan Baristand Manado yang ada di Kelurahan Paal 4, yaitu pembuatan profil gypsum serat sabut kelapa.(71)