Kunjungi DLH Sulut, PLN Gali Potensi Pengembangan CSR

BAGI Ke :

METRO, Manado- Pelaksanaan kegiatan stakeholder visitation yang digagas PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo kembali dilanjutkan dengan agenda kunjungan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa (19/5).

Kegiatan yang digelar di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara ini, dalam rangka koordinasi dalam menggali potensi pengembangan CSR dan Program Kemitraan Bina Lingkungan yang telah disiapkan PLN dengan berorientasi pada isu-isu lingkungan yang ada.

Dalam pemaparannya terkait rencana pengembangan CSR dan bina lingkungan yang telah dipersiapkan untuk rencana program di tahun 2021, Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo menjelaskan bahwa untuk program CSR dan bina lingkungan tersebut harus berorientasi pada community development yang berkelanjutan, serta dapat mendukung program pelestarian alam dan konservasi lingkungan yang ada dibawah pengawasan DLH.

Baca Juga :  PLN Buka Posko Informasi Tagihan Listrik

“PLN menyadari bahwa setiap program yang dikeluarkan haruslah mendukung proses bisnis inti perusahaan. Untuk itu kami juga melihat adanya pergeseran paradigma terkait pengelolaan bisnis yang modern, dengan adanya triple bottom line yang di dalamnya meliputi profit, people, dan planet,” ujar Galih.

“Jika fungsi pelestarian alam dan lingkungan dapat dieksekusi dengan baik, maka akan berdampak pada sektor lain seperti pariwisata dengan merencanakan program yang berorientasi pada objek-objek wisata unggulan di Sulawesi Utara yang pada akhirnya juga akan berdampak pada sektor perekonomian masyarakat sekitar,” Galih menambahkan.

Baca Juga :  Petugas PLN Kembali Lakukan Pencatatan Meter ke Rumah Pelanggan

Di tempat yang sama, Kepala DLH Sulut, Marly Gumalag menyambut baik inisiasi pihak PLN yang telah mengambil langkah lebih awal dalam melakukan perencanaan terkait program CSR dan PKBL yang akan disiapkan di tahun depan. “Apalagi program tersebut terkait dengan pelestarian lingkungan, dari kami juga ada beberapa program yang mungkin dapat disinergikan dengan PLN,” ungkap Marly.

Baca Juga :  PLN Serahkan Bantuan Bersama Seluruh BUMN di Sulut

Terkait kondisi pandemi covid-19 serta sesuai edaran Menteri dan Gubernur untuk penanganan limbah covid-19 yang bersifat infeksius, Marly berharap pihak PLN dapat mengalokasikan bantuannya pada penyediaan tempat sampah khusus limbah infeksius. “Dan tentunya masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat disinergikan bersama kedepan,” pungkas Marly.

Sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut, pihak PLN dan DLH Sulut sepakat melakukan pertemuan intens terkait dengan pembahasan program yang sudah disiapkan PLN agar dapat selaras dengan perencanaan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup.(71)