oleh

Warga Mitra Rindukan Alfamart dan Indomaret Hadir di Tiap Kecamatan

METRO, Ratahan – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sempat menutup rapat alias tidak mengizinkan kehadiran Alfamart dan Indomaret hadir di daerahnya.

Tap belakangan, kebijakan itu berubah, bahkan warga kini merindukan dua ritel moderen tersebut berdiri di semua kecamatan.

Beragam alasan dikemukakan warga sehingga merindukan kehadiran dua ritel yang kini sudah beroperasi di Ibukota Mitra, Ratahan. Salah satunya soal kemudahan mendapatkan barang kebutuhan pokok.

“Hadirnya Indomaret dan Alfamart, membuat warga punya tempat belanja alternatif, apalagi di tengah pandemic covid19, warga sangat terbantu saat hendak mencari kebutuhan pokok,” ungkap Ananda dan Farry, warga Tombatu Timur.

Bukan itu saja, adanya layanan pembayaran BPJS, angsuran, pengisian pulsa selular dan listrik dari dua ritel ini, dianggap memberi kemudahan bagi warga saat hendak bertransaksi.

“Kalau semua kecamatan sudah ada Alfamart dan Indomaret, otomatif akan lebih memudahkan untuk bertransaksi,” tukas Steven Kolinug dan Stela Ompi, warga Wioi, Ratahan Timur.

Senada dikatakan Polce Lontaan, warga Pusomaen dan Djanuar Taha, warga Belang. Menurut mereka, anggapan jika kehadiran pusat perbelanjaan modern ini akan mematikan usaha kecil seperti warung, tidaklah benar.

“Ambil contoh di daerah lainnya. Dua ritel ini bahkan bisa berdiri berdampingan dengan usaha kecil seperti warung yang dikelola warga,” tukas keduanya senada.

Polce dan Djanuar menambahkan, hadirnya retail modern tersebut, memberi kesan positif bagi Kabupaten Mitra sebagai daerah yang terus berkembang.

“Kami pikir, keputusan Pemkab Mitra khususnya pak Bupati (James Sumendap SH, red) mengizinkan hadirnya ritel moderen di daerah ini merupakan langkah positif yang bisa menguntungkan daerah. Bukan hanya sisi investasi, tapi juga perekonomian, karena ada banyak tenaga kerja yang akan terserap,” pungkas mereka. (IAN)