oleh

Ketua DKPP Puji Sukses Pilkada Minahasa

METRO, Tondano – Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa tahun 2018 mendapat pujian dari Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof DR Harjono.
“Suksesnya Pilkada Minahasa pantas mendapat pujian karena tak ada yang ke Mahkamah Konstitusi serta DKPP,” kata Harjono.
Bahkan jumlah paritisipasi pemilih yang diperoleh sangat cukup besar yakni melebihi dari 80 persen. Bukan saja itu, ketika rapat pleno penetapan, calon yang kalah ikut hadir.
“Ini hal yang sangat jarang sekali karena berkat kinerja penyelenggara,” tambah mantan Hakim MK ini.
Sehingga menurutnya hal itu menunjukan Minahasa telah mewujudkan Pemilu yang sportif. Karena demokrasi bukan soal menang kalah, tapi bagaimana harus memberi nilai.
“Nilai itu yakni harga perbedaan pendapat ketika dalam proses ada pluralisme dan harus dilakukan sesuatu yang berbeda, itulah toleransi,” jelasnya.
Apalagi dijelaskannya demokrasi itu bukan soal baca buku dan teori, melainkan jiwanya. Dalam artian bukan membunuh minoritas tapi menjamin dan memenuhi hak-hak minoritas.
Selain itu menurutnya jika Kode etik itu harus dikontrol oleh orang itu sendiri didalam menjaga kredibilitas lembaga atas profesi yang dijalankan.
“Hukum harus ditegakkan dari dan berlandaskan etika,” tambahnya ketika menjadi pembicara dalam evaluasi regulasi Pilkada Minahasa tahun 2018, Senin (20/08) lalu.
Karena menurutnya tugas DKPP menjaga lembaga penyelenggara untuk dipercaya.