oleh

DanDes Tahap I Puluhan Desa Di Minsel Belum Dicairkan

-Minsel & Mitra-40 views

Pekerjaan Pembangunan di Desa melalui DanDes

METRO, Amurang – Hingga kini masih ada Dana Desa (DanDes) tahap I tahun 2018 dari sekitar puluhan Desa di Kabupaten Minahasa Selatan yang belum dicairkan. Hal itu karena sejumlah desa tersebut belum memasukan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) penggunaan DanDes tahun 2017 lalu.
Pasalnya dokumen itu adalah salah satu persyaratan untuk mencaikan dana bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut.
“Pencairan bagi desa-desa yang dimaksud akan segera dilakukan oleh Bagian Keuangan Setdakab setelah berkas persyaratan telah lengkap,” tukas Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Minsel Altin Sualang SSTP.
Dijelaskannya juga bahwa batas waktu pencairan dana tahap I sebanyak  20 persen dari total yakni pekan ketiga Juni 2018. Untuk dana tahap II sebesar 40 persen akan dicairkan setelah dana tahap pertama ini tuntas disalurkan, begitu juga seterusnya.
“Dirjen Keuangan telah menginstruksikan, bahwa dana yang telah masuk ke kas daerah harus segera dicairkan kepada pemerintah desa, dan tidak dibolehkan tertahan lama. Namun akibat banyak desa belum memasukkan berkas persyaratan secara lengkap sehingga dana ini tidak bisa dicairkan tepat waktu,” jelasnya.

Penulis: Romi Liando