oleh

Empat Nama Dalam DCS Pileg Boltim Diadukan ke KPU

-Totabuan-121 views


METRO, Boltim-
Ada empat nama dalam  Daftar Calon Sementara (DCS) yang bakal ikut dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) mendapat aduan dari masyarakat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim). 

Hal ini diungkapkan Sekretaris KPU Boltim Arfan Palima S.Hut ketika dihubungi METRO via ponsel Senin (27/8/2018). 

Arfan menjelaskan, pengaduan tersebut dilayangkan oleh Sunarto Kadengkang dan Herry Modoeng yang juga bakal Calon Legislatif (caleg) dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo). 

Menurut Arfan, laporan tersebut akan diproses melalui ruang klarifikasi bagi terlapor. 

“Hanya memberikan klarifikasi. Tidak ada lagi perbaikan dokumen. Jika terbukti ada pelanggaran sudah pasti tidak lolos sebagai Daftar Calon Tetap (DCT),” ungkap dia.

Arfan pun mengaku, dari empat nama yang diadukan, salah satunya DCS atas nama Candra Modoeng SE yang diketahui adalah Ketua DPC Partai Hanura Boltim. Ia disebut-sebut belum mundur secara resmi dari staf khusus Bupati Boltim Sehan Landjar SH. 

Selanjutnya, tiga nama lainnya tidak mundur dari tenaga honor Pemda Boltim. “Jadi sekali lagi, empat nama yang diadukan akan diberikan kesempatan dalam ruang klarifikasi,” tandasnya. Di tempat terpisah, Candra Modoeng ketika dikonfirmasi METRO via ponselnya membenarkan bahwa dirinya masuk dalam DCS Boltim telah diadukan ke KPU. 

“Bagi saya itu tidak masalah, kami yang diadukan pasti akan memberikan jawaban tertulis sebagai klarifikasi ke KPU,” jawab dia. 

Penulis: Erwin Winerungan