oleh

Pengisian BBM Pakai Galon di SPBU Tutuyan Meningkat

-Totabuan-58 views

METRO, Boltim– Pelayanan Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan galon di SPBU Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) belakangan ini makin meningkat. 

Pantauan METRO, pelayanan SPBU kepada konsumen yang menggunakan galon dengan kapasitas besar, kebanyakan dilakukan malam hari. 

Tetapi sayangnya, para konsumen yang datang membeli BBM menggunakan galon dengan kapasitas besar tidak mendapat perlindungan Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim seperti menerbitkan surat izin. 

Hal ini berarti, konsumen atau pedagang eceran termasuk nelayan yang sering  membeli BBM di SPBU Tutuyan sangat beresiko hukum. Buktinya, selama ini tidak ada pengawasan dari pihak terkait baik Pemerintah Daerah (Pemda) ataupun instansi terkait lainnya. 

Tetapi menurut Kepala Bagian Sumber Daya Mineral (SDM) Pemda Boltim Hasman Bahansubu kepada METRO, Senin (27/8/2018), soal pedagang eceran yang rutin membeli BBM menggunakan galon tidak bisa dikeluarkan izin. Malah sebaliknya, tindakan tersebut ilegal. “Pemkab juga tidak bisa melarang. Karena tugas tindakan bukan kewenangan Pemkab. Harusnya SPBU itu sendiri,” sebut Hasman. 

Penulis: Erwin Winerungan