oleh

22 Bakal Calon Senator Lolos Verifkasi oleh KPU Sulut

-Politik-74 views

METRO, Manado– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi Sulawesi Utara menggelar rapat pleno Penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Faktual Perbaikan Syarat Dukungan serta Syarat Calon Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD RI Propinsi Sulut, Senin (27/8/2018) sore.

Sebanyak 22 bakal calon senator mulus melenggang karena lolos verfikasi administrasi dan verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan. Mereka adalah Meiva Lintang STh, Steva Liouw, Johannis Christianus Salibana, Jull Takaliuang, Pricilia Rondo, Djafar Alkatiri, Wisje Rompis, Philoteus Tuerah, Maya Rumantir, Lexi Mantiri, Nouke Paat, HWB Sumakul, Teddy Batasina, Cherish Hariette, Muhammad Salim Landjar, Denny Tewu, Helfried Lombo, Vivian Dimpudus, Feyke Robot, Hendra Jacob, Irvan Basri dan Ferry Weku. 

Secara mengejutkan, KPU memberikan status Tidak Memenuhi Syarat (TMS) terkait pencalonan dirinya sebagai anggota DPD RI pada Pemilu 2019 nanti.

Komisioner KPU Meidy Tinangon menjelaskan bahwa Luntungan di-TMS-kan karena tidak memenuhi syarat bakal calon.

“Dokumen di ijazah tidak dilengkapi, yakni KTP dan ijazah tidak sama. Dari yang bersangkutan juga tidak memasukan surat keterangan dari instansi terkait soal ketidaksesuaian tersebut,” terang Meidy kepada wartawan usai rapat

Ia mengatakan bahwa Ramoy masih memiliki peluang untuk lanjut jika mantan bupati Minsel itu mengambil langkah menyengketakan putusan KPU tersebut.

Sedangkan status Syachrial Damopolii masih menggantung. Meidy menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan dari KPU RI.

“Belum ada putusan dari KPU pusat. Karena sampai sekarang belum ada petunjuk atas hasil putusan Bawaslu terhadap bakal calon Syachrial Damopolii,” terang dia lagi. 

Terkait status TMS untuk bakal calon atas nama Kristovorus Decky Palinggi, yang gagal pada tahapan syarat dukungan, menurut Meidy hingga saat ini belum ada kabar.

“Yang bersangkutan belum memberikan tanggapan soal status TMS tersebut,” singkat Meidy. 

Pihak KPU sendiri mengapresiasi bakal calon senator yang hadir langsung bukan diwakili oleh LO.

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde