oleh

DBH Kota Manado Diperkirakan Turun

-Manado-43 views

METRO, Manado – Banyaknya kendaraan bermotor milik pribadi maupun pemerintah yang menunggak pajak akan sangat signifikan berpengaruh terhadap Dana Bagi Hasil (DBH) pajak yang diterima kabupaten dan kota.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pendapatan DLL Bapenda Sulut, M L Lapadengan SE MSi kepada METRO Kamis (30/08/2018).

Salah satu contoh pemberitaan media menyebutkan ada ratusan kendaraan dinas milik Pemerintah Kota Manado yang menunggak pajak, ditanggapi Lapadengan bahwa DBH bagi ibukota Propinsi Sulawesi Utara bisa turun.

Bahkan ditegaskan Lapadengan keberadaan motor sampah pengadaan tahun 2016 dan memiliki tanda nomor kendaraan bermotor termasuk di ratusan kendis yang menunggak berdasarkan data resmi UPTB Manado.

Informasi yang diperoleh media ini, per unit motor sampah setiap tahunnya dibebankan biaya Rp 73.000 untuk pajak daerah.

Untuk itu, Lapadengan meminta pemerintah kota lebih proaktif membantu dalam sosialisasi kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor demi kepentingan bersama dan pembangunan yang lebih hebat.

Penulis: Caesar Tombeg