oleh

Deteksi Dini dan Pencegahan Penyakit Jantung Koroner di Manado

-Manado-100 views

METRO, Manado- Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Kota Manado mengadakan kegiatan deteksi dini dan pencegahan penyakit jantung koroner dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan berlokasi di aula Serbaguna kantor Walikota Manado, Kamis (30/8/2018). 

Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan HUT ke 1 YJI cabang Kota Manado yang dipimpin Ny Imelda Bastiaan Markus yang juga merupakan wakil ketua TP-PKK Kota Manado.

Ketua TP PKK Kota Manado, Ny Paula Lumentut-Runtuwene yang memberi sambutan, mengapresiasi kegiatan deteksi dini penyakit jantung.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya memeriksakan kesehatan jantung untuk pencegahan dan deteksi dini,” ujar penasehat YJI cabang Kota Manado ini.

Sementara itu, ketua YJI cabang Propinsi Sulut dr Kartika Devi Kandow Tanos mengatakan YJI Kota Manado sudah cukup banyak berbuat dalam upaya pencegahan maupun pemeriksaan dan pengobatan jantung meski baru berusia setahun.

Diapun menginformasikan bahwa YJI cabang Propinsi Sulut mempunyai program membantu pengobatan pasien jantung yang kurang mampu.

Wakil walikota Manado, Mor Bastiaan berujar masyarakat harus mempunyai kesadaran tentang pentingnya mengetahui kesehatan jantung lewat deteksi dini dan pemeriksaan jantung.

Ketua YJI cabang Manado, Ny Imelda Bastiaan Markus mengatakan kedepan pihaknya akan membentuk klub jantung di tiap kecamatan di Kota Manado. Klub ini nantinya akan bantu mensosialisasikan dan memberi pengetahuan tentang deteksi dini dan pencegahan serta pengobatan jantung koroner.

Kegiatan ini diawali dengan seminar tentang jantung sehat kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan EKG dan pengobatan lab. 

Masyarakat dan ASN Pemkot Manado jadi peserta dalam deteksi dini dan pencehahan penyakit jantung koroner ini.

Penulis: Reymond Fransisco