oleh

Pilhut Serentak Minut Batal Tahun Ini?

-Minut & Bitung-70 views
Boby Najoan

 

METRO, Airmadidi – Pemilihan Hukum Tua 27 desa serentak di Kabupaten Minahasa Utara yang rencananya digelar tahun 2018 inii akhirnya semakin tidak jelas. Bahkan Plt Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Boby Najoan SH mengakui Pilhut tahun ini tertunda, karena belum ada relomendasi Kementerian Dalam Negeri.
Najoan mengakui hingga saat ini belum ada rekomendasi dari Kemendagri. “Saya pastikan tahun yang ini Minut belum ada pemilihan serentak hukum tua. Untuk melaksanakan pemilihan hukum tua harus ada rekomendasi dari Kemendagri dan hingga saat ini belum ada rekomendasi dari Kemendagri. Kami menunggu hingga September minggu ke dua. Jika belum juga ada dipastikan pemilihan hukum tua ditunda hingga selesai Pilcaleg dan pilpres,” tutur Kadis.
Sementara itu ketidak jelasan soal pelaksanaan Pilhut ini mengundang sorotan dan pertanyaan dari warga. Salah satunya tokoh pemuda Likupang Akib Rondonuwu menyoroti harus transparan jangan silent, karena ini merupakan amanat UU nomor 6 tahun 2014.
“Seharusnya pemerintah transparan, karena sudah menjadi amanat uu no 26 tahun 2014,” tukas Rondonuwu.
Menurutnya Pemkab harus mengundang perwakilan masyarakat setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. “Saya harapkan pemkab Minut harus mengundang perwakilan Desa untuk dibicarakan bersama. Lebih khusus libatkan DPRD sebagai wakil masyarakat di Pemerintah,” tandasnya.
Menurutnya kalaupun pemilihan kepala desa ditunda harus ada alasan mengapa ditunda supaya bisa dapat kata mufakat dan tidak akan timbul kegaduhan di tengah masyarakat desa.

Penulis: Agust Randang