oleh

Minut Kini Miliki Tim PORA Pantau WNA

-Minut & Bitung-72 views

Petrus Macarau.

METRO, Airmadidi – Ratusan warga negara asing (WNA) ditengarai bekerja di sejumlah perusahaan yang bertebaran di Bumi Klabat. Untuk itu Pemkab Minahasa Utara kini telah memiliki tim Pengawasan Orang Asing
(PORA) yang memantau keberadaan WNA di Minut.

Menurut Plt Kadisnaker Minut Petrus Macarau, pembentukan tim ini mengacu Pasal 62, Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Dimana pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan terhadap Warga Negara Indonesia dan pengawasan terhadap Warga Asing.

“Dibentuknya Tim PORA ini untuk mengindentifikasi pekerja orang asing di setiap perusahaan yang tengah beroperasi di Minut,” ungkap Macarau, Rabu (05/09).

Kadis menjelaskan, kehadiran Tim PORA ini telah memiliki Surat Keputusan (SK) Bupati dan sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan Orang Asing di Minut. “Saat ini berdasarkan data, ada 105 WNA yang bekerja di berbagai perusahaan di Minut,” imbuhnya.

Diungkakan Macarau sebagai tenaga kerja asing, para WNA tersebut tak boleh melakoni pekerjaan biasa yang dapat dilakukan tenaga kerja kebanyakan atau tenaga kerja lokal. Tetpi harus mempunyai kemampuan atau keahlian khusus yang memang dibutuhkan oleh tempat usaha yang mempekerjakannya.

Lebih lanjut Kadis mengimbau jika masyarakat mengetahui adanya warga negara asing yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Pemerintah setempat untuk diidentifikasi.

Penulis: Agust Randang

Komentar