oleh

Usulan Pemberhentian dan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Mitra Diparipurnakan

Paripurna usulan pengangkatan bupati/wakil bupati Mitra (foto Ryan)

METRO, Ratahan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Minahasa Tenggara (DPRD Mitra), Senin (10/09) memparipurnakan usulan tentang pemberhentian dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati setempat.

Ketua DPRD Mitra, Drs Tavif Watuseke saat memimpin Paripurna istimewa tersebut mengatakan, pengusulan ini berkaitan dengan akan berakhirnya masa jabatan James Sumendap SH – Ronald Kandoli sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Mitra periode 2013-2018 serta hasil Pilkada Mitra yang telah menetapkan James Sumendap SH – Drs Jesaya Joke Legi sebagai Bupati dan Wabup Mitra terpilih untuk periode 2018-2023 sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan KPU Mitra Nomor:26/HK/03.1-Keputusan/7107/KAB/7/2018 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara dalam pemilihan Bupati dan wakil bupati Mitra tahun 2018 yang telah disampaikan pihak KPU Mitra kepada DPRD Mitra.

“Selanjutnya usulan ini akan ditetapkan dan ditindaklanjuti dengan usulan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Watuseke.

Pada kesempatan tersebut, Sumendap menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dirinya dalam menjalankan roda pemerintahan di Mitra.

“Tinggal menghitung hari saya menjalankan tugas sebagai Bupati Mitra. Artinya saya harus siap kembali sebagai rakyat biasa, karena pelantikan saya untuk periode kedua rencananya baru akan dilakukan pada Bulan Desember. Apa yang terjadi di Kabupaten Mitra selama lima tahun kepemimpinan saya, tentu tidak lepas dari adanya dukungan semua pihak, untuk itu, patutlah saya menyampaikan terima kasih,” tukas Sumendap.

Berkaitan dengan Pilkada Mitra, Sumendap mengaku jika hal tersebut merupakan proses politik yang luar biasa dan menjadi sejarah bagi Minahasa Tenggara.

“Secara politik, pertarungan saya sudah selesai. Tapi, saya memikul tanggung jawab yang luar biasa untuk Mitra yang lebih baik, Mitra yang hebat, Mitra yang cerdas, Mitra yang membangun dan Mitra yang luar biasa di mata Sulawesi Utara, Indonesia bahkan di mata Internasional,” tandas Sumendap.

Hadir dalam Paripurna tersebut, Cawabup terpilih, Drs Jesaya Joke Legi, Komisioner KPU Mitra, Personel Bawaslu Mitra, serta para pejabat di jajaran Pemkab Mitra.

Penulis: Ryan Sandag

Komentar