oleh

Boltim Maksimalkan P2KTD Wujudkan Program Inovasi Desa

-Totabuan-51 views

Sosialisasi P2KTD Program Inovasi Desa di Boltim

METRO, Boltim- Program Inovasi Desa (PID) yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pembanunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Nomor 48 Tahun 2018 mulai ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pemkab menggela sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD)dan Rapat Koordinasi tim Inovasi Kabupaten (TIK) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) di Hotel Safira Desa Tombolikat Kecamatan Tutuyan, Kamis (13/9/2018). 

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pendamping desa, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh adat dan lainnya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Boltim Slamet Umbola,SE selaku pihak pelaksana sosialisasi ini mengatakan, bahwa PID merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan agenda Nawacita. 

Di samping itu, pemanfaatan Dana Desa (DD) melalui PID akan mendorong pemberdayaan dan pengembangan potensi ekonomi lokal serta kewirausahaan, pengembangan SDM maupun infrastruktur desa. 

Nah, dengan adanya P2KTD tujuan PID juga benar-benar lebih terukur setelah mendapat jasa pelayanan teknis secara berkualitas dari lembaga profesional. 

“Jadi pelaksanaan PID dan P2KTD adalah komponen penting di desa mewujudkan komitmen replikasi inovasi desa baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaan pemberdayaan dan pembangunan desa,” terang Slamet diiyakan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Susan Emor,SE dan Kepala Seksi Tuti Logor ST kepada METRO.

Sosialisasi P2KTD menghadirkan beberapa narasumber berkompeten diantaranya Kepala Bappeda Iksan Pangalima S.Hut juga Kepala DPMD Pemkab Boltim.

Penulis: Erwin Winerungan

Komentar