oleh

Faperta Unsrat Dukung Hadirnya Wirausaha Berbasis Bahan Lokal

METRO, Manado – Pertumbuhan kewirusahaan di Sulawesi Utara semakin hebat dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk akademisi.

Salah satunya adalah peran jurusan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat, yang membantu lahirnya sejumlah wirausaha baru melalui pemanfaatan bahan pertanian lokal.

Hal ini nampak jelas saat tim dari jurusan Teknologi Pangan yang dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan, Dedie Tooy yang mendemonstrasikan cara pembuatan selai dari pepaya di stan Distanak Sulawesi Utara dalam iven akbar Sulut Fair 2018 di Kayuwatu Manado.

Sejumlah pengunjung yang rata-rata ibu rumah tangga terlihat antusias dan tertarik untuk mencoba serta mengembangkan menjadi industri rumahan.

“Caranya tak terlalu susah, apalagi bahan baku yang dipakai mudah diperoleh, siapa tau boleh dikembangkan untuk tambah-tambah penghasilan keluarga,”ujar mereka.

Sementara itu, Tooy mengatakan masih banyak hasil-hasil penelitian dari mahasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha mikro.

“Sebenarnya banyak sekali hasil penelitian di jurusan yang tak terekspos namun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wirausaha,”ujarnya sembari menambahkan, tak hanya produk hasil pertanian saja yang dihasilkan oleh mahasiswa maupun para alumni, tapi juga alat dan mesin pengolah.

Penulis: Caesar Tombeg

Komentar