oleh

Awas! Kampanye Berunsur Hoax dan Ujaran Kebencian

-Minut & Bitung-64 views

Komisioner Bawaslu Minut Rahman Ismail

 

METRO, Airmadidi – Para Calon Legislatif maupun partai politik mulai memanfaatkan masa kampanye. Namun demikian Bawaslu Minahasa Utara mengingatkan untuk melaksanakan kampanye sesuai aturan.

“Setelah ada Daftar Calon Tetap (DCT) kampanye sudah mulai dilaksanakan. Tatapi diingatkan untuk tetap mematuhi aturan. Kami sementara melaksanakan pengawasan saat ini,” tutur Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy melalui Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Rahman Ismail, Senin (24/09) kemarin.

Rahman mengingatkan materi kampanye yaitu yang ditetapkan KPU berdasarkan yang dimasukan Parpol. “Materi kampanye yang dimasukan Parpol dikaji KPU untuk dipakai dalam kampanye. Tetapi saat ini belum ada materi yang dikeluarkan KPU. Begitu juga titik-titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) sudah dibahas tinggal menunggu SK Bupati terkait lokasi-lokasi mana yang akan digunakan,” jelas Rahman.

Untuk itu dirinya meminta parpol dan para caleg untuk dapat bersabar menunggu materi kampanye dikelurkan KPU dan SK Bupati terkait lokasi pemasangan APK. Rahman juga mengigatkan bahwa untuk kampanye tidak mengandung unsur hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian.

 

“Jangan membuat materi kampanye mengandung unsur hoax dan ujaran kebencian. Untuk itu kami juga akan memantau media sosial. Karena jelas kalau mengandung hoax dan ujaran kebencian itu sudah pidana. Kami berharap masyarakat ikut mengawasi kampanye ini. Kalau menemukan pelanggaran silahkan dilaporkan kepada Bawaslu,” pungkas Rahman.

 

Penulis: Agust Randang

Komentar