oleh

Bawaslu Minut Kantongi 2 Dugaan Sengketa Pemilu dan 2 Pelanggaran

-Minut & Bitung-79 views

Komisioner Bawaslu Minut bersama sejumlah wartawan

 

METRO, Airmadidi – Sampai saat Bawaslu Minahasa Utara sementara menangani dua gugatan sengketa pemilu dan dua dugaan pelanggaran pemilu.
Hal tersebut diungkap Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy, didampingi divisi penindakan Rocky Ambar dan divisi pengawasan Rahman Ismail, Senin (23/10/2018).

“Untuk gugatan sengketa pemilu yaitu ada dua partai yang terkait proses penetapan DCS ke DCT. Ada perangkat desa di Kema sebagai BPD jadi caleg PKS. Kemudian Partai Berkarya ada keterwakilan perempuan hilang,” beber Ambar.

Lanjutnya sementara pelanggaran pemilu yaitu ada Aparatus Sipil Negara (ASN) yang membagikan postingan medsos salah satu Caleg. “Kita panggil untuk klarifikasi apakah dilakukan secara pribadi atau dalam kapasitas tertentu. Kemudian untuk dugaan penyerahan bantuan 1000 unit katinting. Kita klarifikasi apakah kapasitas sebagai caleg atau kapasitas lain,” paparnya.

Lebih lanjut menurutnya satu caleg dalam dugaan tersebut tidak pernah hadir dalam undangan. “Harusnya datang untuk hak klarifikasinya. Datang dan tidak kasus tetap jalan. Kita tidak hanya manggil dia karena kita juga memanggil saksi-saksi. Rugi sendiri kalau tidak hadir. Kalau ada pidana kita serahkan ke Gakumdu,” tegas Ambar.

Menurutnya Bawaslu saat ini memberi himbauan dan sosialisasi kepada aparatur negara. Seperti halnya dilakukan dalam rapat kerja aparat desa se-Kecamatan Kalawat.
“Aparatur negara harus netral,” imbau Awuy, Ambar dan Ismail.

 

Penulis: Agust Randang

Komentar