oleh

Diskors 7 Jam, Paripurna APBD 2019 Akhirnya Ditunda

-Minut & Bitung-74 views

Suasana rapat Paripurna APBD 2019 setelah ditunda

METRO, Airmadidi – Setelah menunggu kurang lebih tujuh jam setelah diskors. Akhirnya rapat paripurna penetapan APBD 2019 Kabupaten Minahasa Utara ditunda, Kamis (29/11/2018).

Awalnya sesuai undangan rapat paripurna tetsebut akan dilaksanakan Rabu (28/11/2018) pukul 08.00 Wita. Para pejabat lingkup Pemkab Minut pun sudah menuhi ruang sidang DPRD sejak pagi. Sementara anggota legislator hanya beberapa saja yang nampak.
Tiba-tiba Ketua DPRD Minut Berty Kapojos SSos didampingi Wakil Ketua DPRD Drs Denny Wowiling MSi kemudian menskors paripurna dengan alasan anggota dewan belum korum. Setelah para pejabat dan undangan menunggu tujuh jam, sekitar pukul 15.00 Wita Ketua DPRD Berty Kapojos dan Wakil Ketua Drs Denny Wowiling kembali masuk ke ruang sidang. Kali ini Kapojos menyatakan rapat paripurna itu ditunda Kamis 29 November karena belum korum. “Sampai saat ini anggota dewan yang hadir belum korum. Jadi rapat paripurna ditunda besok Kamis 29 November pukul 16.00 Wita,” tegas Kapojos.

Kontan para pejabat berhamburan keluar ruang sidang. Sementara itu informasi yang dirangkum minimnya wakil rakyat yang hadir kemarin karena ada sejumlah legislator yang enggan hadir karena alasan tertentu. Uniknya pihak DPRD Minut untuk paripurna itu sudah menyuguhi para tamu dan pejabat dengan hidangan makanan yang tentunya dengan anggaran.

Kapojos ketika dikonfirmasi mengakui penundaan paripurna itu karena tidak korum. “Tidak korum karena hanya 17 orang. Harusnya 19 baru korum. Karena ini pariourna APBD jadi harus korum,” jelas Kapojos.

Ketika ditanya alasan lain penundaan paripirna itu karena belum ada kesepakatan antara legislatif dan eksekutif kemudian ada sejumlah legislator yang enggan hadir dengan alasan tertentu. Kapojos menepis hal itu. “Ini cuma lantara tidak korum saja,” tukasnya.

Terkait dengan makanan minum yang dikeluarkan dengan anggaran padahal paripurna tidak jadi. Sejumlah anggota DPRD menegaskan tidak masalah karena anggaran banyak. “Kalau sudah makan hari ini tapi paripurna tunda besok. Besok lagi disediakan makanan. Tidak masalah, karena anggaran banyak,” ujar salah satu anggota dewan.(RAR)

Komentar