oleh

Mulai 1 April Pelayanan Disdukcapil Minut Hingga Jam 9 Malam

-Info, Minut & Bitung-159 views

Suasana di kantor Disdukcapil Minut.

METRO, Airmadidi – Menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Utara (Minut) akan membuka pelayanan pembuatan KTP-El hingga pukul 21.00 WITA atau jam 9 malam.

Hal ini diungkapkan Plt Kadis Dukcapil Arnolus D Wolajan melalui Sekretaris Deydi Item Kamis (28/03/2019) kemarin. Mulai 1 hingga 16 April setiap hari kerja, kita akan memberikan pelayanan hingga jam 9 malam.
Khusus untuk 17 April pelayanan akan dibuka hingga pukul 12.00 WITA untuk mengantisipai pemilih pemula yang baru akan berusia 17 tahun pada saat itu,” tutur Item.

Lanjutnya untuk pelayanan di hari H pelaksanaan, menurut Item jika memang tidak bisa sampai pada pencetakan, akan dikeluarkan surat keterangan. “Sebab ada pemilih pemula yang baru genap 17 tahun mendekati atau bahkan pada hari pelaksanaan Pemilu. Sehingga 17 April pun kita masih membuka pelayanan. Tapi jika tidak memungkinkan untuk pencetakan kita akan memberikan surat keterangan,” jelasnya.

Diakuinya, menjelang pelaksaan Pemilu memang terjadi peningkatan pengurusan KTP-E. “Biasanya rata-rata  pengurusan sekitar 50 hingga 70. Tetapi saat ini naik cukup signifikan, menjadi 200 hingga 300 per harinya,” ungka Item. Menurutnya Disdukcapil sebelumnya juga telah mengimbau agar warga segera mengurus KTP-El, agar tidak terjadi antrian menjelang Pemilu.

Lebih lanjut menurutnya, proses perekaman hingga pencetakan KTP-E tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. “Biasanya kalau direkam pagi, siangnya sudah bisa dicetak. Kecuali jika terjadi ganguan jaringan seperti hari ini (kemarin, red). Jadi memang agak membludak,” papar Item lagi.(RAR)

Komentar