oleh

Bupati VAP Janji Bahasa Tonsea Masuk Kurikulum Sekolah

Bupati VAP saat membawakan sambutan di seminar budaya Tonsea

 

 

 

 

METRO, Airmadidi – Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) berjanji bahasa Tonsea akan diperdakan dan dimasukkan dalam kurikulum sekolah. Hal itu disebutkannya saat menghadiri seminar “Memahami dan menghidupi budaya Tonsea” di Hotel Sutan Raja, Kalawat, Rabu (07/08/2019).

 

Kegiatan yang digagas oleh tokoh pemerhati budaya Minahasa Utara, Maximillian Pinontoan, William S Luntungan dan Lidya F Katuuk ini dihadiri para tokoh budayawan, tokoh masyarakat Minut.

Bupati VAP saat membawakan sambutan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Minut kaya akan budaya. Semua ini adalah kuasa Tuhan pada kita,” tutur Panambunan.

Lanjutnya bahasa Tonsea harus dilestarikan sehingga perlu diperdakan. “Memang mo beking perda ini. Perlu sekali, jangan sampe anak-anak so talupa dengan bahasa Tonsea. Nanti akan dimasukan ke kurikulum sekolah tahun depan,” pungkasnya yang langsung disambut aplaus oleh peserta seminar.

Kadis Pariwisata Propinsi Sulawesi Utara Ferry Sangian mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya saat membuka seminar tersebut memberi apresiasi. Menurutnya budaya dan adat istiadat merupakan kekuatan yang harus dikembangkan dan dilestarikan. “Kerasnya arus perubahan di era globalisasi dan informasi teknologi merupakan tantangan. Pelaksanaan seminar ini merupakan langkah strategis mengangkat dan melestarikan budaya,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri tokoh-tokoh Minut dan pemerhati budaya Tonsea seperti mantan Bupati Minsel Ramoy Luntungan, mantan Bupati Minut Drs Sompie SF Singal, Paul Tirayoh, Rudy Umboh, Lona Lengkong, Prof dr Boetje Moningka dan lain-lain.

Pemrakarsa kegiatan tersebut Maximillian Pinontoan, William S Luntungan dan Lidya F Katuuk mengapresiasi kepedulian Bupati yang akan memasukkan bahasa Tonsea dalam kurikulum sekolah. “Apa yang bupati sebutkan bahwa bahasa Tonsea akan dibuatkan Perda untuk masuk dalam kurikulum sekolah harus dikawal dan terus diperjuangkan,” pungkas ketiganya.(RAR)