oleh

12 Titik Api Kepung Gunung Klabat

Petugas dan masyarakat memadamkan api di Gunung Klabat.(ist)

 

 

 

METRO, Airmadidi – Sekurangnya 12 titik api telah membakar sekitar 25 hektar kawasan hutan Gunung Klabat sejak Sabtu (14/09/2019) hingga Minggu (15/09/2019).

Api dengan cepat menyebar dengan tiupan angin yang kencang hingga petugas gabungan BPBD dipimpin langsung Kaban Jofieta Supit, Damkar, Koramil Dimembe, Tagana, pemerintah kecamatan Dimembe dipimpin Ansye Dengah, pemerintah desa sekitar dan masyarakat yang diterjunkan kewalahan.

Kepala BPBD Minut Ir Jofieta Supit ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran kawasan hutan Gunung Klabat tersebut.
“Begitu menerima laporan adanya titik api di kaki Gunung Klabat kami langsung bergerak menuju lokasi. Hari ini setelah  mendapat pengarahan dari pak Sekda Ir Jemmy Kuhu tim gabungan langsung menuju lokasi kebakaran,” tutur Supit.
Diungkapkan Supit, sejak Sabtu lalu ada 12 titik api di Gunung Klabat. “Sabtu ada 5 titik api sudah berhasil dipadamkan, sedangkan hari ini (Minggu, red) ada 7 titik api,” papar Supit.

Diakui Kaban, petugas kesulitan menjangkau titik-titik api karena medan yang berat sulit ditempuh dengan kendaraan.

“Kami ingatkan warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar karena cuaca panas disertai tiupan angin kencang saat ini sangat rentan api cepat meluas, ” imbau Supit.(RAR)