oleh

Imigrasi Manado: Kunjungan Turis Asing Naik 36 Persen

METRO, Manado- Berdasarkan data perlintasan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, pada periode Januari hingga Oktober 2019, tercatat ada sebanyak 110.459 orang warga negara asing yang masuk ke Sulawesi Utara untuk berbagai keperluan seperti, bisnis dan wisata. Dari angka tersebut, 107.630 orangnya merupakan wisatawan mancanegara (turis asing, red).

“Ada peningkatan 2.087 orang turis asing atau 36.71 persen dari tahun lalu. Sementara untuk keberangkatan WNA sebanyak 109.953 orang sejak Januari hingga Oktober,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Manado, Friece Sumolang kepada koran ini, Rabu (12/11) sore.

Dijelaskan Friece, target kunjungan wisman Provinsi Sulut tahun ini ada di kisaran 150 hingga 200 ribu orang. “Penambahan penerbangan dari beberapa kota di Tiongkok akan turut mendongkrak jumlah kunjungan wisman ke daerah ini,” katanya.

Adapun rute penerbangan yang tercatat di Imigrasi Manado yaitu penerbangan Silk Air yang melayani rute Singapura, penerbangan Lion Air rute RRT yang terdiri atas Kota Guangzhou, Shanghai, Changsa, Tianjin, Xian, Nanjing dan Wuhan, penerbangan Sriwijaya rute RRT yang terdiri atas Hangzhou dan Nanning dan penerbangan Garuda Airlines rute Davao (Filipina). Kemudian penerbangan lainnya yang terdiri dari penerbangan charter baik dalam rangka private, medis, militer, technical, refueling, dan lainnya.

Menurut Friece, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado terus mendukung program pemerintah daerah dalam membangun daerah Sulawesi Utara dimana bidang pariwisata menjadi sektor unggulan. “Dimana tugas dan fungsi imigasi dalam memberikan pelayanan dan pengawasan kepada warga negara asing mulai dari saat masuk di tempat pemeriksaan imigrasi, berada di Indonesia, hingga keluar dari wilayah Indonesia,” ungkap Friece.(71)