oleh

Pemkab Minahasa Launching Program Mapalus Pekerja Rentan dan ASN Care

METRO, Minahasa- Pemerintah Kabupaten Minahasa melakukan launching program mapalus pekerja rentan dan ASN Care melalui BPJS Ketenagakerjaan, pada saat apel perdana 2020 yang dilaksanakan di kawasan Danau Tondano, Senin (6/1/2020).

Proses launching dilakukan langsung oleh Bupati Minahasa Royke Roring, yang didampingi oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Toto Suharto serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado, Hendrayanto.

Dari data yang diperoleh METRO, diketahui bahwa dalam program mapalus pekerja rentan, total ada 8000 tenaga kerja yang menerima perlindungan jaminan sosial (Jamsos, red) ketenagakerjaan, dan ditanggung menggunakan APBD. Sementara untuk program ASN Care, setiap ASN di lingkungan Pemkab Minahasa berkomitmen untuk menanggung satu orang pekerja rentan, baik itu keluarga maupun kerabat.

“Program ini merupakan bukti kepedulian pemeritah daerah kepada masyarakat pekerja rentan di Kabupaten Minahasa. Saat ini santunan kematian mengalami kenaikan dari Rp 24 juta menjadi Rp 42 juta,” ujar Bupati.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan alat bantu pengangkatan enceng gondok dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa serta simbolis penyerahan santunan kematian kepada ahli waris dari Almarhum Djellie Dj Palar yaitu Piter Palar, selaku aparat Desa Tempok Selatan sebanyak Rp 42 juta.(71)