Sah, KPU Manado Tutup Penyerahan Dokumen Syarat Dukungan Perseorangan

BAGI Ke :

Preskon pimpinan dan komisioner KPU Manado, usai menutup penyerahan dokumen syarat dukungan perseorangan

METRO, Manado- Minggu (23/02/2020) tepat pukul 24.00 Wita, KPU Kota Manado resmi menutup penyerahan dokumen syarat dukungan perseorangan, untuk bakal Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Manado 2020.

Hal tersebut ditandai dengan dicoretnya buku penerima bagi paslon yang akan memasukkan dokumen syarat dukungan, disaksikan para pimpinan dan komisioner KPU Manado, Bawaslu Manado, kepolisian juga awak media.

Baca Juga :  55 PPK Dilantik, Ketua KPU : Bekerjalah Sesuai Aturan

Kepada wartawan, Ketua KPU Manado Jusuf Wowor, menjelaskan hingga batas waktu yang ditentukan sudah tidak ada lagi calon yang datang memasukkan berkas dukungan bagi paslon perseorangan.

“Kita sudah kita saksikan bersama bahwa hari ini (Minggu, red) 23 Februari 2020 tadi KPU Manado sudah siap menanti bakal paslon membawa syarat dukungan sebagaimana jadwal hingga 24.00 Wita. Hingga batas waktu yang ditentukan sudah tidak ada lagi bakal paslon yang datang untuk membawa syarat dukungan di KPU Kota Manado,” katanya saat preskon Senin (24/02/2020) dini hari di aula KPU Manado.

Baca Juga :  Bawaslu Warning Kampanye Terselubung dalam Agenda Reses
Anggota KPU Manado saat mencoret buku terima Paslon Perseorangan

Lanjut, Wowor didampingi Komisioner KPU Manado, Sahrul Setiawan, Sunday Rompas, Ismail Harun, Abdul Gafur Subaer dan Sekretaris KPU Manado Jemmy Tamboto menerangkan, hingga batas pemasukan berkas dukungan, hanya 1 paslon yang memasukkan dokumen syarat dukungan.

“Hanya satu Paslon perseorangan yang memasukkan dokumen syarat dukungan ke KPU Manado yaitu ; Bakal paslon Wali Kota Manado dr Franky V.T Kambey dan Wakil Wali Kota Manado dr Daud Kirojan,” ujarnya.

Baca Juga :  Publik Dipersilahkan Pantau Rekam Jejak Calon PPK
Komisioner KPU Manado, Moch Syahrul Setiawan saat mengisi suara pada panggung rakyat

Dijelaskannya, Bakal Paslon Wali Kota Manado dr Franky V.T Kambey dan Wakil Wali Kota Manado dr Daud Kirojan setelah dilakukan penghitungan dan pengecekan jumlah data dukungan yang dimasukkan sebanyak 33.147 yang memenuhi syarat sebanyak 31.005 dukungan, sisanya sebanyak 2.142 tidak memenuhi syarat. Dari hasil hitung dan pengecekan dukungan di 11 kecamatan. Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat dukungan minimal yang dikeluarkan KPU Manado sebanyak 30.885, selanjutnya 1 paslon tersebut akan masuk ke tahap verifikasi administrasi.(76)