oleh

Diterjang Hujan, Jalan Soekarno Amblas 

Kondisi ruas Jalan Ir Soekarno yang amblas.

 

METRO, Airmadidi – Hujan deras yang mengguyur Minahasa Utara, mengakibatkan Jalan Ir Soekarno, Desa Maumbi, Kecamatan Kalawat rusak parah Senin (02/03/2020).  Jalan di ujung jembatan jalan yang berdekatan dengan kantor PDI Perjuangan itu amblas diteriang air.

Dari pantauan, akibat hujan deras, air tak lagi melalui saluran air. Air justru meluber dari pinggiran kemudian menerjang sampai ke badan jalan. Air yang cukup deras ini membawa material bebatuan dan kayu sampai di jalan dan menerjang sisi ujung jembatan. Akibat diterjang air kencang pinggiran jalan sepanjang kurang lebih 10 meter dan lebar sekitar 3 meter amblas. Bahkan satu tiang listrik tegangan tinggi ikut roboh akibat jalan yang amblas tersebut. Sebagian air juga menggerus sepanjang pinggiran jalan hingga cukup dalam.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut Jofieta Supit perkembangan terkini akibat diguyur hujan deras sebenanrya belum ada kejadian luar biasa. “Hanya saja memang hujan deras yang sudah tiga hari itu menyebabkan longsor di sekitar jembatan, Jalan Ir Soekarno. Saya sudah laporkan kejadian itu ke Bupati dan Sekda,” tutur Kaban, Selasa (03/03/2020).

Lanjutnya pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan karena sudah membahayakan pengguna jalan.

“Ada peringatan dini dari BMKG makanya kami sudah sampaikan ke Camat-camat untuk diteruskan pada hukum tua dan lurah agar masyarakat waspada terutama yang ada di pinggiran sungai, daerah bukit dan nelayan. Jauhi sungai dan nelayan jangan dulu melaut, karena membahayakan,” imbau Supit.

Sementara itu terpantau kemarin, petugas Dishub Minut dan Satuan Lalu Lintas Polres Minut telah mengatur arus lalu lintas di lokasi tersebut. Bahkan petugas Damkar Minut juga berusaha mengarahkan air dari jalan untuk kembali ke saluran air. Selain itu dari petugas PLN juga membenahi kabel dan tiang listrik yang ikut roboh di jalan yang amblas tersebut.(RON)