oleh

Pertama di Indonesia, Swiss-belhotel Manado Lindungi Pekerja Rentan

METRO, Manado- Swiss-Belhotel Manado menjadi yang pertama di Indonesia yang melindungi pekerja rentan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program ini, karyawan Swiss-Belhotel dengan sukarela membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan pekerja rentan dari lingkungan tempat tinggal masing-masing pekerja.

“Sangat membanggakan karena pertama dilakukan di Manado. Terima kasih untuk pimpinan dan karyawan Hotel Swiss-Bel yang mau berbagi kepedulian dengan para pekerja rentan. Ini terobosan yang menjadi kebanggan bagi pemerintah kota. Semoga menjadi inspirasi bagi hotel-hotel lain di Manado untuk dapat melakukan hal yang sama,” ujar Walikota Manado, Vicky Lumentut, dalam kegiatan Launching Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan melalui program Maleosan Care dan Pemanfaatan Dana CSR Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Sabtu (14/3) malam.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Manado, Hendrayanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah pemanfaatan dana CSR Swiss-Bel, terkait perlindungan kepada masyarakat sekitar hotel. Kemudian maleosan care adalah kegiatan perlindungan pekerja rentan.

“Ini merupakan kegiatan pertama di Indonesia. Harapan kami kegiatan ini akan mampu memotivasi hotel-hotel lain untuk melindungi pekerja rentan. Nantinya juga kami akan melakukan kerjasama co marketing, yang memungkinkan pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan diskon di Swiss-bel,” ujar Hendrayanto.

General Manager Swiss-belhotel, Enggelien Makalew saat ditemui awak media menuturkan, dari program ini, karyawan dan pihak perusahaan telah menanggung lebih dari 200 orang pekerja rentan dari lingkungan hotel dan tempat tinggal karyawan. Dia menyebut, sekitar 80 persen karyawan Swiss-bel ikut terlibat dalam kegiatan ini.

“Dari BPSJ Ketenagakerjaan sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada karyawan dan mereka dengan sukarela menyetujui. Jadi bukan keputusan sepihak dari manajemen hotel. Masing-masing karyawan menanggung 1 orang pekerja rentan. Tapi ada yang menanggung hingga 5 orang pekerja rentan,” kata Enggelien.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Bidang Bidang Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi Maluku, Iwan Ry menuturkan, program GN Lingkaran merupakan program yang sudah berjalan selama 6 tahun. GN Lingkaran merupakan program BPJS Ketenagakerjaan yang menyasar sektor pekerja rentan.

“Dengan hadirnya program GN Lingkaran, masyarakat baik itu formal maupun informal, diluar dari karakteristik rentan, dapat membantu para pekerja rentan untuk dapat menikmati perlindungan jaminan sosial,” tukas Iwan Ry.(71)