BPJS Kesehatan Manado Jalankan Protokol Pencegahan Covid-19

BAGI Ke :

METRO, Manado- Keresahan masyarakat dengan adanya covid-19 sangat berdampak pada pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ini terlihat pada jumlah kunjungan peserta JKN-KIS.

Jumlah kunjungan yang berkurang, bukan merupakan kurangnya kebutuhan pengurusan dari peserta JKN-KIS, namun saat ini peserta JKN-KIS mulai menggunakan aplikasi mobile JKN.

Kepala Bidang SDMUK, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manado, Gladies Eman menuturkan, jika memang ada peserta yang harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan karena ada pengurusan yang tidak bisa dilakukan melalui mobile JKN, maka akank dijalankan protokol upaya pencegahan covid-19.

Baca Juga :  Iuran JKN-KIS Segmen PBPU dan BP Kembali ke Tarif Lama

Tujuannya adalah untuk keamanan peserta. Pada saat peserta JKN-KIS masuk ke area kantor maka dilakukan pengecekan suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer. Hal ini juga kami berlakukan bagi pegawai BPJS Kesehatan,” kata Eman, pada Sabtu (28/3) siang.

Selain itu, menurutnya protokol lain yang dijalankan adalah pengisian survei bagi tamu, rekanan, serta mitra BPJS Kesehatan. “Survei tersebut seputar pertanyaan tentang kondisi tubuh dan posisi tamu sebelum berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Eman.

Baca Juga :  Komisi IX Akui Tunggakan BPJS Jadi Masalah di RSUP Kandou

Menurutnya, sesuai himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di dalam rumah, demikian pula dengan pelayanan BPJS Kesehatan untuk  pendaftaran, ubah data peserta, autodebet dapat dilakukan dari rumah melalui aplikasi mobile JKN.

“Selain itu, masih banyak fitur-fitur yang bisa digunakan peserta. Mobile JKN dapat didownload melalui play store untuk android dan app store untuk IOS,” tukas Eman.(71)