1 PDP Minut Masih Menunggu Hasil Pemeriksaan

BAGI Ke :

Kadis Kesehatan Harly Sompotan.

 

 

 

 

METRO, Airmadidi – Hingga saat ini satu pasien dalam pengawasan (DPD) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dirawat di rumah sakit Kota Manado masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. 

 

“Untuk satu PDP dari Minahasa Utara memang pemeriksaan rapid test positif tetapi masih menungg hasil pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya. Sekarang masih sementara dirawat di rumah sakit yang ada di Kota Manado,” tutur Kadis Kesehatan Minahasa Utara dr Harly Sompotan, Senin (06/04/2020).

Lanjutnya jika hasil laboratorium positif maka enam orang yang kontak erat walau resiko rendah akan diperiksa kembali. “Kalau memang positif, maka akan ditelusuri kembali enam orang kontak tersebut,” ungkap Kadis didampingi Direktur RSUD Maria Walanda Maramis dr Sandra Rotty.

Sompotan penambahkan sampai Senin (06/04/2020) dari data ada 384 pelaku perjalanan dari luar daerah atau luar negeri ke Minut, dengan kontak erat resiko rendah 6 orang, kontak erat resiko tinggi tidak ada. “Untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 14 orang. ODP yang sudah selesai 14 hari sebanyak 433 orang. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) 1 orang dan belum ada yang terkonfirmasi positif Corona,” papar Kadis.

Sementara itu Sompotan dan Rotty mengakui untuk mengantisipasi Covid 19 di Minut, RSUD Maria Walanda Maramis telah menyiapkan enam dokter ahli dan 20 tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Pemkab Minut Kembali Minta Realokasi Anggaran Rp 8 M

“Kami telah menyiapkan 20 tenaga kesehatan yang dipinjam dari Dinas Kesehatan yaitu dari puskesmas-puskesmas. Kami juga telah menyiapkan enam dokter ahli diantaranya empat ahli penyakit dalam dan satu ahli paru. Untuk ruang isolasi disiakan 20 tempat tidur yang juga dipinjamkan puskesmas-puskesmas yang belum terpakai,” papar Rotty dan Sompotan

Lebih lanjut Rotty mengungkapkan untuk Alat Pelindung Diri (APD) ada  Pemkab Minut dari bantuan dari Pemerintah Provinsi yang cukupuntuk satu bulan. “Kami masih mengusahakan kali membeli APD dan perlengkapan lainnya,” pungkas Rotty yang juga mantan Kadis Kesehatan Minut ini.(RAR)