Dijadikan Rumah Singgah, RSUD Mitra Berbenah

Wabup Mitra, Drs Joke Legi dan Kadis Kesehatan dr Helny Ratuliu.

 

 

 

 

 

 

METRO, Ratahan – Pembenahan dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Sehat, menyusul akan dijadikannya fasilitas kesehatan tersebut sebagai rumah singgah bagi pendatang dari zona merah corona virus disease atau Covid19.

Wakil Bupati Mitra, Drs Joke Legi mengatakan, pembenahan dilakukan pada sejumlah ruangan yang nantinya digunakan sebagai ruang isolasi atau rumah singgah bagi para pendatang dari zona merah.

“Pak Bupati (James Sumendap SH) sudah mengeluarkan kebijakan berupa kewajiban isolasi di RSUD bagi pendatang dari luar negeri maupun dari daerah di Indonesia yang masuk dalam zona merah. Makanya, beberapa ruangan disiapkan untuk dijadikan ruang isolasi,” ujar Legi usai memantau persiapan di RSUD Mitra Sehat, Rabu (08/04/2020).
Dikatakan Legi, sedikitnya ada 12 bilik yang disiapkan untuk dijadikan ruang isolasi. Dirinya berharap, langkah ini dapat mengurangi keresahan di masyarakat karena adanya warga yang berstatus ODP atau orang dalam pemantauan. “Di samping itu, adanya kebijakan ini, akan lebih memaksimalkan upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid19,” tandas Legi yang  saat melakukan pemantauan didamping Sekda, David Lalandos, Asisten 1, Jani Rolos dan Asisten 3, Frits Mokorimban, dan Kepala Badan Keuangan Daerah, Mecky Tumimomor.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Helny Ratuliu selain kesiapan ruangan, pihaknya juga telah menyiapkan alat pelindung diri atau APD bagi tenaga medis maupun perlengkapan lainnya termasuk obat-obatan. “Muda-mudahan persiapan segera rampung. Untuk tenaga medis juga kita siapkan, sedikitnya empat perawat yang akan bergantian bertugas di rumah singgah ini,” jelas Helny.(ian)