Rutan dan Pemkot Manado Teken MoU Marijo Bakobong

BAGI Ke :

METRO, Manado– Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Manado maju selangkah lagi dalam program anyarnya, Marijo Bakobong sebagai terobosan pemanfatan lahan tidur yang ada di seputaran areal Rutan.

Setelah sukses dengan panen kacang panjang, ketimun dan terong, kini Kepala Rutan Manado, Yusep Antonius bersama perangkatnya ditopang kolaborasi memanfaatkan potensi Warga Binaan,  mulai menyasar penanaman rica, jagung dan singkong di area luar Rutan.

Tidak itu saja, Rutan juga sukses menggandeng Pemkot Manado lewat Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan men-support pendampingan teknis tentang tata cara  bercocok tanam yang baik.

Wujud kerjasama yang telah terjalin baik antara Rutan dan Dinas PKP akhirnya dilakukan  lewat penandatangan MOU pada Rabu (20/5/2020) di Aula Rutan Manado.

Apalagi, Pemkot Manado, lewat Walikota, GSV Lumentut tengah gencar mengampanyekan Manado Bakodong di tengah pandemik Covid-19.

Disaksikan langsung Kakanwil Kemenkumham Sulut, Lumaksono, SH, MH, MOU dilakukan oleh Kepala Rutan Manado, Yusep Antonius dan Kadis PKP  Manado, M Sofyan.

Turut menyaksikan momen penting tersebut, Kadiv Imigrasi Kemenkumham Sulut, Ganda Samosir, SH, MH serta pejabat struktural di Rutan Manado.  ‘’Kami bangga dengan adanya kerjasama yang baik ini. Tentunya harapan kami lewat MOU ini nantinya akan terus berlanjut untuk kebaikan bersama. Terima kasih kepada Pemkot Manado yang turut menunjang program ini,” ungkap Lumaksono.

Pujian senada juga disampaikan Kadis M Sofyan yang sebelumnya tidak menduga Rutan begitu siap dalam menopang program Marijo Bakobong.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk Kemenkumham dan Rutan Manado atas dukungan  terhadap program Manado Bakobong dengan memanfaatkan  dan  mengolah lahan tidur  milik Rutan. Kami dari Dinas Pertanian,Kelautan dan Perikanan Kota Manado akan melakukan pendampingan  dan memberikan  bimbingan  kepada para Warga Binaan yang ada tentang bercocok  tanam yang baik,” ungkap Kadis Sofyan.

Pihaknya, tambah Sofyan, akan melanjutkan kerjasama ini dalam skala lebih luas. Seperti ikan leleh, bila kelak dikembangkan oleh Rutan Manado.

Usai melakukan MOU dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis ratusan bibit cabe  kepada Rutan Manado, Kakanwil, Kepala Rutan, Kadis PKP dan Kepala Divisi Imigrasi Ganda Samosir, SH, MH yang diarahkan di kebun luar Rutan, yang sebelumnya menjadi lahan tidur untuk penanaman perdana bibit rica bantuan Dinas PKP. Dan diakhiri dengan Buka Puasa Bersama.

Ka Rutan Yusep Antonius menjelaskan, kerjasama yang baik antara Rutan Manado dan Dinas PKP Manado telah berlangsung tiga bulan silam,  dan baru terwujud lewat MOU.

Bahkan, dua bulan lamanya Rutan Manado telah menikmati  kerjasama ini lewat panen perdana kacang panjang dengan memanfaatkan lahan tidur di beranggang Rutan. (ENL)