oleh

PLN UP3 Manado Siaga Penormalan Pasokan Listrik

METRO, Manado- Bencana banjir, tanah longsor dan pohon roboh di beberapa wilayah di Sulawesi Utara akibat cuaca ekstrem, berdampak pada terhentinya pasokan listrik kepada masyarakat.

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado bertindak cepat memulihkan terhentinya aliran listrik di beberapa titik di Kota Manado dan sekitarnya pada Sabtu (16/01).

Hingga pukul 20.00 WITA, dari jumlah 420 gardu yang terdampak, telah berhasil dinyalakan 226 gardu dan masih sekitar 194 gardu yang belum menyala. Sedangkan untuk jumlah pelanggan yang terdampak yaitu sekitar 46.620 pelanggan, telah berhasil menyala sekitar 25.086 pelanggan, dan yang belum menyala sekitar 21.534 pelanggan.

Adapun daerah-daerah yang masih dalam tahapan pemulihan mencakup daerah Tikala, Banjer, Komo, Pall 4, Wusa, Kampung Baru, Teep, Kayawu, Wailan, Watudambo, Kaima, Baypass, Minawerot, Paslaten, Kauditan, Kuala Batu, Ranowangko, Mangatasik, dan Popo.

“Sebanyak 102 personil petugas PLN menangani gangguan dan perbaikan infrastruktur kelistrikan” ungkap Andre Lengkong, Manager PLN UP3 Manado.

“Dalam cuaca ekstrem seperti ini, Masyarakat dihimbau agar segera melaporkan potensi bahaya kelistrikan kepada PLN untuk kenyamanan dan keselamatan bersama,” imbuhnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Leo Basuki berharap agar semua pihak dapat memberikan dukungan untuk menjaga pasokan listrik tetap andal dan beroperasi optimal.

“PLN selalu mengupayakan penormalan terlaksana dengan cepat dan berusaha mengantisipasi agar pulih dan normal kembali,” kata Leo.

Dia juga menghimbau agar masyarakat mau merelakan pohon dirabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan. Matikan listrik dari MCB, apabila ada genangan air. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

“Masyarakat agar segera melaporkan ke PLN untuk pengentian pasokan tenaga listrik apabila sudah ada potensi terjadinya banjir,” ujar Leo, sembari menambahkan bahwa instalasi listrik dalam rumah merupakan tanggung jawab pelanggan sebagai pemilik rumah.

Sebagai informasi, pelanggan dapat menghubungi contact center PLN 123 dalam keadaan darurat. Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (0431) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, New PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(71)

Komentar