Samsat Mitra Minta Pemilik Kendaraan Manfaatkan Program Keringanan Pajak

METRO, Ratahan – Kebijakan keringanan dan pengurangan pembayaran pajak kendaraan bermotor, diharapkan dapat dimanfaatkan pemilik. Ini dikatakan Kepala Samsat Minahasa Tenggara (Mitra), Herlina Karepu.

Menurut Herlina, kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tersebut, telah diberlakukan sejak 1 Agustus 2022 dan akan berakhir pada 30 September 2022. “Keringanan tersebut berupa pengurangan pokok dan pembebasan denda pajak kendaraan bermotor. Selain itu, ada juga pembebasan pokok dan denda bea balik nama kendaraan bermotor,” ujar Herlina.

Upaya mendorong pemilik kendaraan untuk membayar pajak, diakui Herlina terus dilakukan pihaknya, melalui sosialisasi saat operasi bersama pihak Satuan Lalu Lintas Polres Mitra, maupun turun ke Kecamatan dan Desa. “Harapan kami, program ini diketahui secara luas oleh masyarakat khususnya pemilik kendaraan, kemdian dapat dimanfaatkan,” tukas Herlina.

Lanjut, Herlina mengatakan, melalui kebijakan tersebut, pemilik kendaraan yang menunggak pajak, akan mendapat keringanan berupa pemotongan pajak sebesar 50 sampai 100 persen. Dijelaskannya, untuk pajak tahun pertama dibayar 100 persen, kemudian tahun kedua mendapatkan keringanan sebesar 50 persen dari pokok pajak, tahun ketiga 60 persen, tahun ke empat, 70 persen, tahun ke lima, 80 persen serta tahun keenam dan seterusnya diberikan pembebasan pokok pajak sebesar 100 persen. “Untuk denda, baik mobil pribadi maupun instansi pemerintah semuanya dibebaskan,” pungkas Herlina.(rjs)

Komentar