Dispora Minut Gelar Rakor Komite Olahraga Masyarakat Indonesia

METRO, Airmadidi – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Minahasa Utara berkolaborasi dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Minut menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi, Senin (29/04/2024) di Hotel Sutan Raja, Kalawat.

Rakor dan sosialisasi KORMI itu dibuka oleh Kepala Dispora Provinsi  Sulawesi Utara Marlone M. Sendoh. Sementara itu Kepala Dispora Minut Audy Sambul mengungkapkan selama ini pihaknya terfokus dengan KONI. “Dalam Porprov sebelum tahun 2022 lalu awalnya Minut rangking 5 tapi pada 2022 kita rangking 2 se-Sulut. KONI dan KORMI  tentunya pemerintah memperlakukan sama. Memang pola pikir sebelumnya dalam pengelolaan keuangan kita masih menggunakan pola yang lama,” ungkap Sambul. 

Kadispora Sulut Marlone M. Sendoh, Kadispora Minut Audy Sambul, Wakil Ketua I KORMI Sulut Jenry Suwalang dan Ketua KORMI Minut Vonny Adel Rumimpunu.

Sementara itu Wakil Ketua I KORMI Sulut  Jenry Suwalang sebagai narasumber mengapresiasi pada Dispora Minut dan KORMI Minut yang telah melaksanakan rakor dan sosialisasi ini. “Kegiatan ini merupakan barometer untuk mensosialisasikan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah pembentukan induk olahraga,” ungkap Suwalang.

Dirinya kemudian menjelaskan KONI dan KORMI adalah setara. “KONI adalah olahraga prestasi dengan cabang-cabang olahraga. Sedangkan KORMI olahraga masyarakat rekreasi dengan induk-induk olahraga. Sesuai data ada 85 induk olahraga dalam KORMI. Namun di Sulut baru ada sekitar 15 induk  olahraga yang memiliki kepengurusan,” jelas Suwalang.

Ketua KORMI Minut Vonny Adel Rumimpunu memaparkan ada tiga golongan olahraga yang merupakan bagian KORMI. 

“Pertama olahraga petualangan dan tantangan (OPT), kemudian kedua olahraga kesehatan dan kebugaran (OKK). Kemudian ketiga ada olahraga tradisional dan kreasi kebudayaan (OTKB),” ungkap Rumimpunu. 

Lanjutnya KORMImenumbuhkembangkan dan mengaktifkan sentra-sentra olahraga masyarakat dengan melaksanakan festival olahraga masyarakat sevcara berjenjang guna meningkatkan pariwisata.

Kegiatan rakor dan sosialisasi itu diawali dengan laporan oleh Sekretaris Dispora Minut  Djohan Wewengkang.(Adv/RAR)

Komentar