oleh

Lumentut Legowo Tak Duduk di Kursi Pimpinan DPRD

-Politik-41 views

METRO, Manado– Ketua DPD Partai Gerindra Sulut Wenny Lumentut menyatakan siap tak mengambil hak kesulungannya jika ada calon anggota legislatif (caleg) tingkat propinsi yang meraih suara terbanyak.

“Siapa caleg Gerindra untuk DPRD Sulut yang meraih suara paling banyak di Pemilu 2019, dia berhak duduk di Pimdeprop andaikan partai kami mendapatkan jatah pimpinan dewan,” kata Lumentut di hadapan puluhan caleg Gerindra, akhir pekan lalu. 

Menurut Lumentut, dirinya legowo hanya sebagai anggota biasa, jika ada rekan sesama Gerindra perolehan suaranya lebih besar darinya. 

“Ini bagian dari reward and punishmant dalam berpolitik,” kata politisi bertangan dingin yang mengorbitkan objek wisata Tetempangan Hill itu.

Ia juga menantang rekan caleg Partai Gerindra Dapil Minahasa-Tomohon, yang perolehan suaranya nomor dua terbanyak atau di atas empat ribu, kursi pimpinan akan dinikmati yang bersangkutan 2,5 tahun. 

“Ini komitmen saya. Ketua-ketua DPC Gerindra, saya harap juga melakukan hal serupa,” tegasnya yang disambut aplaus. 

Di Pemilu 2019, Lumentut adalah caleg Gerindra untuk DPRD Sulut Dapil Minahasa-Tomohon. Pada 2014 lalu, di dapil tersebut Wenny menyodok di peringkat ketiga dengan perolehan suara kurang lebih 18 ribu, di bawah Steven Kandouw (PDIP) dan Stefanus Vreeke Runtu. 

Penulis: Yinthze Lynvia Gunde