oleh

Berkas Dugaan Tipikor Embung Wasian Masih Diteliti Kejari

Noprianto Sihombing SH MH

METRO, Tondano – Setelah dikembalikan lagi oleh penyidik Polres Minahasa sejak beberapa waktu lalu. Kini Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa masih sementara melakukan penelitian atas berkas dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pembangunan Embung di Desa Wasian, Kecamatan Kakas Barat.
“Masih sementara dilakukan penelitian atas berkasnya,” tukas Kepala Kejari Minahasa Rakhmat Budiman T SH MKn melalui Kasie Intelejen Noprianto Sihombing SH MH ketika dikonfirmasi, Kamis (30/08/2018).
Namun menurutnya proses penelitian oleh pihaknya tak lama lagi tuntas. Dan hasilnya akan langsung disampaikan ke Polres Minahasa.
“Soal ada kekurangan atau tidak belum bisa diekspos sebelum ada hasil akhirnya, tunggu saja waktunya,” tambah Sihombing.
Diketahui, proyek pembagunan tahun 2015 lalu ini sebelumnya diusut Polres Minahasa atas dugaan tipikor. Bahkan sebelumnya, telah ditetapkan tiga orang tersangka, namun yang sempat ditahan di Mapolres hanya dua.
Ketiga tersangka itu, yakni lelaki RM selaku Pejabat Pembuat Pomitmen (PPK) dan JT sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), serta perempuan TM selaku pihak ketiga. TM tak ditahan polisi karena beralasan sakit. Besaran pekerjaan proyek itu sekitar Rp1,9 miliar dengan kerugian negara sekitar Rp200 juta.

Penulis: Marcelino