oleh

Proyek RTLH Berbandrol Rp 13,5 Miliar Terancam Silpa

-Politik, Totabuan-92 views

Rudi Mala.

METRO,Boltim- Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2018 sebanyak 750 unit dengan anggaran Rp 13,5 Miliar yang sedang dipacu Pemerintah Kabupaten (Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, sampai bulan September ini realisasi program RTLH baru dibangun 40-an unit.

Artinya masih ada 700-an unit rumah akan dibangun dan harus selesai paling lambat bulan Desember mendatang. Menurut pendapat beberapa anggota DPRD Boltim, diantaranya Sofyan Alhabsy bahwa target penyelesaia RTLH 750 unit tahun ini sangat tidak bisa dijamin. Dia malah memprediksikan, anggaran program RTLH dengan total Rp 13,5 Miliar berpotensi terjadi Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggara (Silpa).

” Kami DPRD sudah wanti-wanti anggaran RTLH sebesar itu. Tidak ada maksud memangkas anggaran RTLH. Tetapi sebaliknya untuk menyelamatkan agar tidak terjadi Silpa. Sebab, nantinya akan berpengaruh terhadap kucuran Dana Alokasi Umum (DAU) ditahun berikutnya,” jelas Alhabsy kepada wartawan belum lama ini.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Boltim Rudy Mala ketika dikonfirmasi METRO dikantornya beberapa hari lalu menyatakan optimisi 750 unit pembangunan untuk RTLH dapat selesai sebelum tahun anggaran berakhir.

(Penulis: Erwin Winerungan)