oleh

Lumentut: Manado adalah Rumah Besar Kita Bersama

Walikota menyalami jemaat usai memimpin ibadah.

METRO, Manado- Hari pengucapan syukur yang dirayakan oleh seluruh warga kota Manado, Minggu (9/9/2018) disebut oleh Walikota DR GSV Lumentut sebagai hari untuk mensyukuri berkat Tuhan yang telah membuat iven akbar Manado Fiesta 2018 berjalan aman dan lancar. 

Maka Walikota yang juga merupakan Ketua Komisi Pelayanan Pria Kaum Bapa (PKB) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) mendapat panggilan iman untuk memimpin ibadah Pengucapan Syukur di Jemaat GMIM Bethel Winangun, Kecamatan Malalayang.

Dalam khotbah yang didasarkan pada bacaan alkita Kejadian 49:1-28, Lumentut mengingatkan jemaat akan pentingnya peran orang tua dalam mempersiapkan masa depan anak-anaknya.

“Dalam bacaan Alkitab ini, Yakub memberikan wejangan dan nasihat kepada anak-anaknya sebelum dia menghadap Sang Pencipta. Wejangan dan nasihat ini sangat penting agar anak-anak Yakub tidak menyimpang dari ajaran Tuhan,” ucap Lumentut.

Dikatakannya lagi, apa yang dilakukan Yakub menjadi contoh dan teladan bagi umat Tuhan yang hidup di era modernisasi. 

“Hendaknya kita senantiasa membekali anak-anak kita dengan baik. Karena, ketika tiba waktunya kita melepaskan anak-anak kita untuk hidup mandiri tanpa bergantung pada orang tua, mereka tidak akan melupakan Tuhan serta setia dan taat menjalankan Firman Tuhan seperti yang diajarkan orang tua,” tandas dia.

Berkaitan dengan perayaan pengucapan syukur se-Kota Manado, Walikota pilihan rakyat itu mengatakan dalam kehidupan bermasyarakat di ibukota Sulut ini, aspek kerukunan sesama warga kota tetap terjaga karena Manado adalah rumah besar bagi semua suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA). 

“Manado adalah rumah besar kita bersama. Siapapun dia, jika dia adalah warga Manado akan diperlakukan dengan baik. Karena, Manado menjadi tempat bertemu berbagai suku, agama, ras dan antar-golongan. Makanya, hari ini semua masyarakat dari seluruh agama dan lapisan masyarakat tanpa terkecuali,” ucap dia.

“Mari kita berpengucapan syukur tanpa kecuali. Semua masyarakat dari berbagai latar belakang, kita syukuri pelaksanaan iven Manado Fiesta tahun 2018 telah berlangsung dengan sukses. Dan kita syukuri berkat Tuhan yang diberikan kepada kita semua,” tukas Walikota.

Ibadah pengucapan syukur yang dihadiri ratusan anggota Jemaat GMIM Bethel Winangun tersebut, kali ini boleh dikata berbeda karena semua pelayan khusus penatua/syamas maupun Khadim Penatua Vicky Lumentut, memakai pakaian adat Suku Minahasa untuk lebih menonjolkan kearifan lokal yang ada. 

Ibadah tersebut turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Prof Julyeta PA Lumentut Runtuwene, Sekda DR Pieter KB Assa, Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) Bethel Winangun Pdt Roy Lengkong STh dan sejumlah pejabat teras Pemkot Manado. 

Penulis: Dance Siahaya

Komentar