oleh

Soputan Mengamuk, Bupati Minsel Himbau Warga Waspada

-Minsel & Mitra-77 views

Rabu:

Soputan Mengamuk, Bupati Minsel Himbau Warga Waspada

METRO, Amurang – Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, menghimbau warga yang desanya terletak tidak jauh dari Gunung Soputan, agar tidak beraktivitas di batas yang telah ditentukan. Sehubungan dengan meletusnya gunung Soputan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah memperingatkan masyarakat untuk segera mengosongkan wilayah sekitar Gunung Soputan.

“Sebaiknya hindari larangan yang sudah ditentukan oleh PVMBG, jangan beraktifitas dekat aliran sungai, dan menggunakan masker untuk menghindari terjangan abu vulkanik,” kata Paruntu.

Sebagaimana informasi yang dihimpun. PVMBG menyatakan, area 2,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan, harus steril dari aktivitas masyarakat. Sebab berdasarkan pemantauan, telah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik di perut gunung berketinggian 1.784 mdpl ini.

Menurut Kepala Pos Pemantauan Gunung api Soputan, Asep Saefulloh, dengan peningkatan aktivitas vulkanik itu, Soputan berpotensi memuntahkan lava dan awan panas dari kawah.

“Diminta agar warga tidak beraktivitas di radius itu, karena merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran,” kata Asep Saefulloh, Rabu (03/10-2018).

Penulis Rommy Liando

Komentar