oleh

Wawali Manado Perkenalkan ‘Panada’ di Forum KTI Makassar

-Berita Utama, Manado-78 views

Wakil Walikota Manado saat mempresentasikan aplikasi PANADA (foto ist)

METRO, Manado- Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2018 digelar di Kota Makassar dan dikemas dalam bentuk festival dengan mengangkat tema “Lokal dan Berkelanjutan”. Wakil Walikota Manado, Mor D Bastiaan mewakili Walikota, GS Vicky Lumentut menghadiri Forum KTI yang sudah kali ke-7 digelar ini, Kamis malam, (25/10/2018).

Pada kesempatan ini, dirinya diminta berbagi cerita tentang Praktik Cerdas Pemerintah Kota Manado.

Wawali Mor yang didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Manado Liny Tambayong, mempresentasikan salah satu aplikasi andalan Pemerintah Kota Manado yakni Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA).

Dijelaskan bahwa melalui aplikasi PANADA, pelayanan publik di Kota Manado lebih terjangkau dengan sistem online. Seperti studio jaringan “Bigdata”.

“Dengan Panada, pengumpulan semua data di Kota Manado dilakukan secara elektronik dan lewat aplikasi ini dapat diketahui informasi berbasis peta tentang pajak, data kepedudukan hingga perizinan,” papar Bastiaan.

Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk berbagi pengalaman dalam menciptakan perubahan positif serta solusi cerdas dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan Kawasan Timur Indonesia, dengan harapan agar mampu merangsang munculnya berbagai inovasi dalam mendorong kolaborasi para pihak yang lebih baik untuk pembangunan Kawasan Timur Indonesia yang lebih efektif.

Penulis Reymond Fransisco

Komentar