oleh

4 Tahun Menjabat, Legislator Mitra Lahirkan Satu Perda Inisiatif

-Minsel & Mitra-66 views

Kantor DPRD Mitra

 

METRO, Ratahan – Legislator Minahasa Tenggara (Mitra), terbilang ‘sukses’ menjalankan salah satu fungsinya sebagai pembuat peraturan. Ini terlihat dari prestasi yang ditorehkan yakni lahirnya satu Peraturan Daerah atau Perda inisiatif dalam kurun waktu empat tahun menjabat.

Ketua Badan Perda DPRD Mitra, Kisman Hala yang dimintai tanggapannya, tak menampik jika pihaknya telah menghasilkan satu Perda inisiatif dalam kurun waktu empat tahun duduk di kursi empuk DPRD Mitra. “Inisiatif membuat Perda ada, bahkan di tahun 2018 kita mengusulkan Tiga Ranperda inisiatif untuk dibahas, tapi kami terkendala anggaran yang tidak tersedia,” ungkap Kisman.

Enggan disebut kurang produktif, Kisman mengaku jika pihaknya sering mengusulkan adanya penataan anggaran untuk pembentukan Perda Inisiatif DPRD Mitra. “Tapi usulan kami (anggaran pembutan Perda), belum disetujui. Mungkin karena sistim penganggaran, melihat skala prioritas sehingga belum disetujui,” tukas Kisman.

Sekretaris DPRD Mitra, Drs Hans Mokat yang dimintai tanggapannya mengatakan, Penyusunan Ranperda disesuaikan dengan skala prioritas dan anggaran yang tersedia. “Tiap tahun ada Ranperda yang wajib diselesaikan yakni APBD dan LKPJ. Secara keseluruhan, DPRD sudah membahas dan mengesahkan banyak Perda baik itu inisiatif maupun usulan dari pihak eksekutif,” tandas Mokat.

Penulis: Ryan Sandag

Komentar