oleh

Pilih Taat Aturan, Datang ke Manado Jokowi tak Kampanye

-Berita Utama-65 views

TKD Sulut saat memberikan keterangan Pers, Jumat (29/3/2019).

METRO, Manado- Kampanye calon presiden Ir Joko Widodo di Sulawesi Utara yang dijadwalkan, Minggu (31/3/2019), batal dilaksanakan. Namun Presiden RI itu, tetap akan datang ke daerah ini, namun dengan agenda kenegaraan.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulut, Frangky Donny Wongkar dalam konferensi pers yang digelar di Sekretariat Jokowi-Amin, kawasan Megamas, Jumat (29/3/2019).

“Diperkirakan, pak Jokowi akan tiba di Manado sekitar pukul 17.30 Wita. Namun tidak akan berkampanye. Karena sesuai aturan, batas kampanye hanya sampai pukul 18.00 Wita, dan itu sangat mepet. Karena bisa jadi kampaye pak Jokowi melewati batas jam yang diatur,” terang Wongkar didampingi TKD dari partai politik koalisi.

Menurut Wongkar, kampanye di Manado nanti akan dijadwalkan kembali.

“Kapan? Nanti kami akan koordinasi dengan Tim Kampanye Nasional (TKN). Karena penentuan waktu kampanye itu diusulkan oleh TKN dan ditetapkan oleh penyelenggara. Kami di sini tugasnya adalah mempersiapkan kegiatan kampanye di daerah khususnya di Sulut,” katanya.

Sekretaris DPD PDIP Sulut ini menambahakan, sebenarnya TKD Sulut sudah sangat siap terkait kampanye terbuka Jokowi di Manado.

Misalnya, soal peralatan pendukung dan memobilisasi massa. 

“Padahal di rapat TKD, kami telah membagi masing-masing tugas bagi partai politik koaliasi di Sulut. Kita targetkan kekuatan massa yang akan kami hadirkan sekitar 30.000 sampai 40.000 massa,” ungkapnya.

Jumlah tersebut, kata Wongkar terdiri dari partai politik, relawan-relawan, dan simpatisan-simpatisan yang ada di Sulut. Tapi, hal ini tidak terlaksana karena terkendala soal waktu kampanye.

“Kami tahu para pendukung akan kecewa, kami juga kecewa sekali. Tapi daripada melanggar aturan, ini harus kita terima,” kata dia lagi.

Soal agenda dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan Jokowi di Manado, Wakil bupati Minahasa Selatan itu mengatakan, acara kenegaraan Jokowi sebagai presiden berada pada ranah itu protokoler.

Yang jelas, kata dia, ada kegiatan di Grand Kawanua International City (GKIC) Manado, dan pihaknya akan hadir.

“Kami juga akan ke sana sesuai undangan. Dan tetap akan bertatap muka dengan Pak Jokowi,” tuturnya.

Meski tak jadi berkampanye di Manado, TKD Sulut optimis Jokowi-Ma’ruf tetap peroleh suara terbanyak.

“Pak Jokowi meski tak jadi berkampanye, tapi Pak Jokowi yakin menang di Sulawesi Utara,” kata Wakil Ketua TKD Sulut Feryando Lamaluta. (YSL)

Komentar