oleh

PDIP Menang Besar, Nasdem Runner Up?

Frangky Wongkar dan Felly Runtuwene

METRO, Manado- Target besar PDI Perjuangan (PDIP) bukanlah mimpi semata. Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang digelar 17 April 2019 lalu, menjadi pembuktian Partai Politik (Parpol) berlambang banteng moncong putih itu di bumi Nyiur Melambai.

Target 3 kursi di DPR RI dan 19 kursi di DPRD Propinsi Sulawesi Utara sukses diraih PDIP. Namun dengan rendah hati, Sekretaris DPD PDIP Sulut, Frangky Wongkar SH mengatakan bahwa pihaknya menunggu hasil final perhitungan KPU.

“Kami memiliki perhitungan yang jelas soal perolehan suara, dari tingkat kabupaten/kota, propinsi hingga DPR RI. Tapi kami tidak ingin mendahului, karena tentu untuk finalnya kami tunggu hasil perhitungan KPU,” kata Frangky, Minggu (21/4/2019).

Data yang diperoleh METRO, PDIP meraih suara maksimal hingga target kursi ke DPRD Sulut tercapai bahkan ada berpeluang yang melampaui. Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Manado, PDIP meraih tiga kursi dan berpeluang empat kursi. Bitung-Minut dua kursi, Minahasa-Tomohon dua kursi dan berpeluang tiga kursi, Minsel-Mitra berpeluang dua kursi, Bolmong Raya dua kursi dan Nusa Utara dua kursi berpeluang tiga kursi.

DPR RI pun demikian, PDIP berpeluang meraih tiga kursi, sedangkan kabupaten/kota seluruh kursi pimpinan DPRD berpeluang direbut.

“Kami berharap, perhitungan kami tak jauh dari perhitungan KPU nanti. Karena itu tentu kami awasi dan kami kawal,” kunci politisi yang juga merupakan Wakil bupati Minsel itu.

Jika PDIP berjaya dengan perolehan suara di seluruh tingkatan DPRD/DPR RI, Partai Nasdem Sulut yang diketuai Max Lomban juga cemerlang. Kursi pimpinan DPRD Sulut hampir pasti direbut Nasdem untuk periode 2019-2024.

Pasalnya enam daerah pemilihan yang ada di Sulut berpeluang menyumbangkan kursi untuk Nasdem. Bahkan untuk tingkatan DPR RI, Nasdem optimis merebut dua kursi.

“Kami tentu akan mengawal setiap suara yang dipercayakan untuk kami, Partai Nasdem. Kami berharap perhitungan kami juga tak jauh beda atau akan sama dengan perhitungan kami. Kami akan awasi dan kawal,” tegas dia. (YSL)

Komentar