oleh

Pemilu Selesai, Honor PPS Minut Belum Tuntas

Rapat pleno KPU Minut penetapan rekapitulasi suara.

 

 

 

METRO, Airmadidi – Penghargaan dan apresiasi patut diberikan pada petugas penyelenggara pemilu seperti PPS dan PPK. Sayangnya hingga pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu selesai dilaksanakan di tingkat kabupaten, honor PPS masih dikeluhkan belum dibayar.

“Torang sudah selesai tahapan pleno penetapan suara di KPU, tapi honor bulan April dan operasional dari Maret hingga April belum ada,” ujar Sandra Panambunan salah satu PPS di Kecamatan Airmadidi, Selasa (07/05/2019) kemarin.

Lanjutnya padahal kinerja PPS cukup berat bahkan sampai ada yang meninggal dan sakit.

Hal yang sama juga dikeluhkan sejumlah PPS di Kecamatan Airmadidi, Talawaan dan Dimembe. “Masa kegiatan sudah selesai, torang pe honor April dengan operasional Maret, April belum bayar,” tukas salah seorang PPS di Kecamatan Dimembe yang enggan namanya dikorankan.

Sementara Komisioner KPU Minut Hendra Lumanauw saat dikonfirmasi membenarkan belum dibayarkannya honor untuk April. “Yang belum terbayarkan honor satu bulan terakhir,” kata Lumanauw.


Menurut dia, saat pembayarannya tersebut sementara berproses. Hanya saja agak terhambat dikarenakan padatnya tahapan pemilu. Namun pembayaran akan dilakukan jika sudah selesai proses administrasinya.
“Saat ini sementara berproses. Hanya memang proses sedikit tersita waktu karena tahapan Pemilu yang padat. Juga ada mekanisme yang harus dilalui. Khususnya lagi operasional yang dibayarkan setelah dimasukkan LPJ dari PPS. LPJ itu pun harus diperiksa Sekretariat KPU apakah pemanfaatannya sudah sesuai aturan,” tandas Lumanauw.(RAR)

Komentar