oleh

10 Waruga di Kaima Dirusak

-Minut & Bitung-49 views

Waruga yang dirusak di Kaima.

 

 

 

 

METRO, Airmadidi – Sekitar 10 waruga di Desa Kaima, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dirusak oleh oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Kabar pengrusakan ini awalnya diposting oleh Ketua Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Wilayah Teritorial (Wilter) Sulut Howard Marius lewat akun Facebook-nya Jumat (14/06/2019) pekan lalu.

 

Kesepuluh waruga ini menurut Marius dulu dipindahkan oleh masyarakat Desa Kaima di jaman Hukum Tua ke 19 Desa Kaima, Alm. Heintje Joram Langelo (1965 – 1975) dari kebun. Diduga pengrusakan ini dilakukan karena ingin menjarah isi makam.

“Waruga adalah situs bersejarah yang dilindungi, dan menjadi jati diri budaya minahasa. GMBI Wilter Sulut mengecam orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang merusak waruga,” tukas Marius Minggu (16/06/2019) kemarin.

Pihaknya lanjut Marius telah melaporkan hal ini ke Polsek Kauditan yang diterima oleh  Kapolsek Kauditan Iptu Ahmad Bastari. “Laporan akan ditindaklanjuti dan kita akan mencari pelakunya,” tukas Bastari saat dikonfirmasi.(RAR)

Komentar