oleh

Baru 7 Kabupaten/Kota di Sulut Peduli Pekerja Konstruksi

-Manado, Sulut-77 views

Penyerahan penghargaan.

 

 

 

 

METRO, Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyatakan bahwa kepedulian terhadap pekerja di sektor konstruksi sudah menjadi program kerja antara pemerintah dan BPJS TK.

Namun, ternyata baru 7 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara yang peduli akan jaminan sosial dengan resiko kerja bagi tenaga harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu yang bekerja di sektor jasa konstruksi.

Dan atas kepedulian tersebut, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erny Tumundo di salah satu hotel di Kota Manado Jumat (28/06/2019) sore memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang patuh atau mengimplementasikan jaminan sosial di daerah masing -masing.
Kabupaten dan kota yang menerima penghargaan adalah Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Tumundo menegaskan bahwa kepersertaan pekerja jasa konstruksi di kabupaten dan kota masuk dalam kategori penilaian Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan selain memberikan dampak positif bagi program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan.
Dalam diskusi di kegiatan evaluasi dan monitoring implementasi di tempat yang sama terungkap beberapa wilayah yang belum terlibat dalam program jaminan sosial tersebut bahwa pihaknya baru mengetahui dan dengan alasan klasik mengatakan pihak-pihak terkait kurang sosialisasi.
Sebuah ide hebat yang muncul dari diskusi adalah harus ada komitmen melalui peraturan bupati atau walikota sebagai syarat bagi pemilik jasa konstruksi.(ctg)