oleh

Sulut Gencar Lakukan Reduksi Polusi Udara

-Sulut-44 views

Gumalag Pimpin Hari Lingkungan Hidup

 

METRO, Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui  Dinas Lingkungan Hidup menyatakan perang terhadap ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yakni polusi udara.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut, Marly Gumalag Jumat (28/06/2019) pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Provinsi Sulawesi Utara.
Dan sebagai upaya pemerintah seperti dijabarkan Gumalag gerakan menanam pohon dalam reduksi polusi udara, ditargetkan tahun 2019 ada 207.000 hektar penananman pohon dan fokus pada 15 Daerah Aliran Sungai (DAS).
Sebagai langkah awal pihaknya menyerahkan bantuan bibit pohon kepada pemerhati lingkungan.
Lebih lanjut Gumalag yang dalam sambutannya membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya MSc bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) dan secara nasional dengan tema Biru Langitku, Hijau Bumiku menggambarkan upaya mengendalikan polusi udara sengat berkaitan dengan upaya menata bumi menjadi hijau.
Ditambahkan Gumalag, dalam mengurangi polusi maka harus diperbanyak taman kota, hutan kota, serta bangun trotoar untuk pejalan kaki jalur bersepeda, selain itu dibangun juga ruang publik seperti pembangunan taman yang teduh dan nyaman yang dapat mendorong proses perubahan perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan.(ctg)