oleh

Silteng Siapkan Alkes Gratis, Siltim Maksimalkan Bumdes

-Minsel & Mitra-66 views

Conny Katupayan dan Sem Tumigolung.

 

 

 

 

 

 

 

METRO, Silian – Tidak hanya fokus pada pekerjaan fisik saja, dua desa di Kecamatan Silian Raya yakni Silian Tengah (Silteng)d Silian Timur (Siltim) ikut mengalokasikan anggaran yang bersentuhan langsung dengan rakyat melalui Dana Desa atau Dandes 2019.

Conny Katupayan, pj Hukum Tua Silian Tengah mengatakan, dandes 2019 yang totalnya sekira Rp700-an juta tersebut juga mengalokasikan anggaran pengadaan alat kesehatan (alkes) seperti alat ukur kolesterol, tes gula darah dan lainnya, yang tujuannya untuk memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat. “Kami juga menyiapkan obat-obatan serta tenaga medis melalui kerjasama dengan pihak Puskesmas Silian,” ungkap Conny.

Sementara Desa Silian Timur yang anggaran Dandesnya sekira Rp700-an juta, ikut menganggarkan dana pemberdayaan masyarakat berupa dana penyertaan modal bagi Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes serta anggaran bedah rumah bagi warga. “Ada banyak peluang usaha di Silian Timur yang belum dimaksimalkan. Ini yang kemudian mendorong kami untuk menganggarkan dana Bumdes, yang hal tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” tandas Sem Tumigolung, pj Hukum Tua Silian Timur.

Baik Conny maupun Sem mengaku, pelaksanaan pekerjaan yang anggarannya bersumber dari Dandes 2019, ikut melibatkan masyarakat. Seperti halnya pekerjaan fisik berupa pembuatan drainase dan lainnya yang saat ini sementara dilaksanakan, melibatkan masyarakat sebagai pekerja. “Semua warga kami beri kesempatan untuk bekerja. Tentu dengan upah yang sesuai,” tukas keduanya.(ian)